visitaaponce.com

Kota Cirebon Siap Jadi Destinasi Wisata Utama di Jawa Barat

Kota Cirebon Siap Jadi Destinasi Wisata Utama di Jawa Barat
KERATON KASEPUHAN CIREBON.(Antara)

KOTA Cirebon siap menjadi destinasi wisata utama di Jawa Barat. Dukungan semua pihak, termasuk pemerintah provinsi (Pemprov) Jabar tentu dibutuhkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, menjelaskan bahwa Kota Cirebon bisa didorong menjadi destinasi wisata utama di Jabar selain Bandung dan Bogor.

Untuk itu, Pemkot Cirebon tengah berupaya untuk mendapatkan bantuan dana dari Pemprov Jabar. "Harapannya bantuan tersebut akan menunjang pariwisata dan pembenahan infrastruktur pariwisata di Kota Cirebon," tutur Agus, Jumat (5/5).

Baca juga : Cycling de Jabar 2023, Upaya Pemprov Promosikan Wisata Jawa Barat Selatan

Selain itu, bantuan yang diberikan juga diharapkan bisa menunjang kegiatan pementasan kesenian secara berkala di Kota Cirebon.

Kota Cirebon, lanjut Agus juga memiliki potensi pariwisata yang bisa terus digali. Jumlah kunjungan wisatan pun mengalami peningkatan.

Baca juga : 5.000 Wisatawan Kunjungi Situ Bagendit Selama Libur Lebaran 2023

Agus mencontohkan pada libur Lebaran lalu, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Cirebon mencapai 31  ribu orang. Jumlah tersebut berasal dari lima  destinasi, masing-masing Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Cirebon waterland, taman air Goa Sunyaragi dan wisata bahari Kejawanan.

Sementara itu Wakil Direktur Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BTAGS), E Chaidir Susilaningrat, menjelaskan pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata, termasuk kesenian tradisionalnya.

"Kami komitmen untuk memajukana pariwisata di  Kota Cirebon," tutur Chaidir. Termasuk dengan menyelenggarakan sejumlah
kegiatan kesenian di taman air goa Sunyaragi untuk menunjang pariwisata. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat