visitaaponce.com

Katarak masih Tinggi, Ratusan Peserta Daftar Operasi di Bandung

Katarak masih Tinggi, Ratusan Peserta Daftar Operasi di Bandung
Perwakilan dari para penyelenggara bakti sosial operasi katarak yang akan dilaksanakan pada 7-9 Mei 2023 di Bandung.(DOK Sido Muncul.)

BERDASARKAN data nasional Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) 2014-2016 Kementerian Kesehatan dengan sasaran populasi usia 50 tahun ke atas diketahui bahwa angka kebutaan mencapai 3% dan katarak merupakan penyebab kebutaan tertinggi (81%). Dari data Perdami, pada 2017 terdapat 8 juta orang dengan gangguan penglihatan. 

Karena itu, PT Sido Muncul berkolaborasi dengan PT Panca Insan Mandiri, Perdami (Pusat (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia), dan Yayasan Selaras menyelenggarakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa Bakti Sosial Operasi Katarak pada 7-9 Mei 2022 di Gedung RSUD Bandung Kiwari di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan program sosial yang dilakukan secara rutin setiap tahun oleh Sido Muncul di berbagai wilayah Indonesia. "Pada pertengahan 2023 Sido Muncul berkolaborasi dengan sejumlah mitra, yang turut didukung oleh Dinas Kesehatan Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, dan RSUD Bandung Kiwari," ujar Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/5). 

Menurut Direktur RSUD Bandung Kiwari, Yorisa Sativa, berdasarkan data dari Yayasan Selaras sampai saat ini lebih kurang 225 peserta sudah terdaftar. Semua peserta ini akan melalui tahap screening dan peserta yang berhasil melewati proses screening akan dilakukan operasi. "Operasi katarak dilakukan di RSUD Bandung Kiwari dengan kapasitas gedung dan fasilitas kesehatan yang canggih merupakan pilihan yang tepat untuk pelaksanaan kegiatan operasi katarak di RSUD Bandung Kiwari," ucap Yorisa. 

Baca juga: BEM Fikom Unisba Gelar Konser Fikom Festival 2023, Ajak Milenial Peduli Sampah

Ia menuturkan bahwa rangkaian kegiatan akan terbagi menjadi dua, Salah satunya, pelaksanaan tindakan operasi katarak dilakukan pada Minggu (7/5) di ruang operasi (OK) Lantai 5 Gedung RSUD Bandung Kiwari. Seremonial dilakukan pada Selasa (9/5) yang akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat serta beberapa tamu lain. 

Perwakilan dari Panca Insan Mandiri, Iwan Tauhid, menuturkan bahwa pihaknya selaku salah satu panitia merasa senang bisa turut berkontribusi pada kegiatan baksos ini. "Ini baksos operasi katarak kedua yang kami lakukan di Jawa Barat. Mudah-mudahan PIM dapat terus memberikan kontribusi sehingga menjadikan #JabarSehat #IndonesiaJuara," ucap Iwan Tauhid. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat