visitaaponce.com

PKK Papua Barat Gelar Festival Seni untuk Kembangkan Kreativitas Anak Muda

PKK Papua Barat Gelar Festival Seni untuk Kembangkan Kreativitas Anak Muda
Festival Seni Siswa-Siswi Papua Barat ( FLS2P) yang berlangsung di Aula Unipa Manokwari, Sabtu ( 6/5/) malam.(Ist)

FESTIVAL Seni Siswa-siswai Papua Barat ( FLS2P ).dilaksanakan di Aula Unipa Manokwari, Papua Barat, pada Sabtu (6/5).

FLS2P ini digagas Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang ke-51 tahun 2023  dan kegiatannya sudah dimulai sejak Maret 2023 di Kaimana.

Penutupan rangkaian kegiatan  Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-5 ditutup pada Sabtu (6/5).

Baca juga: Kesuksesan Universitas di Papua Barat Sandang Ranking TOP UniRank Diapresiasi

Kegiatan dihadiri oleh seluruh Panitia dan Pengurus TP PKK Provinsi serta Panjabat (Pj) Gubernur Papua Barat selaku pembina TP PKK Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Papua Barat, Roma Megawanti Waterpauw, S.Kom, M.Si,.

Dalam sambutannya, Pj.Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw memberi semangat kepada siswa-siswi peserta lomba.

Memandang penting minat dan bakat anak-anak generasi muda penerus bangsa serta pentingnya mengangkat kearifan lokal, Waterpauw berharap, agar kegiatan serupa dapat dijabarkan hingga ke kabupaten se-Papua Barat. 

Beri Apresiasi kepada TP PKK

"Bapak apreasiasi kepada TP PKK, ini sebuah tanda yang baik, untuk menyalurkan hobi dan kesenangan dari anak-anak dalam pendidikan, pergaulan dan aktifitas yang dijalankan. Sosialisasikan upaya-upaya ini ke daerah. Anak-anak kita ini mempunyai kreativitas yang bisa kita kembangkan hingga ke daerah-daerah," jelas Waterpauw dalam keterangan pers, Minggu (7/5). 

Baca juga: TPNPB Rilis Foto 16 Anggota TNI yang Tewas Tertembak di Papua

Menurut Waterpauw, kearifan lokal perlu diangkat untuk menjadi sebuah hasil yang baik, guna mendorong anak-anak generasi muda kita. 

"Bapak waktu di Provinsi Papua juga tidak kalah dengan ibu-ibu PKK, bapak bikin lomba cerita rakyat, dan jurinya dari pusat. Jadi silahkan didorong kreatifitas anak-anak ini," jelasnya.

"Banyak hal yang anak-anak kita alami baik di tengah-tengah keluarga di sekolah, harus disalurkan. Jadi saya berharap ibu ketua dan anggota TP PKK untuk terus lakukan kegiatan serupa," tutur Waterpauw.

Baca juga: Cegah Stunting, Pemkab Raja Ampat Gelar Pelatihan untuk Fasilitator dan TPK 

Dalam arahannya, Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Roma Megawanti Waterpauw, S.Kom, M.Si, menyampaikan bahwa pihaknya memiliki kerinduan untuk memberi ruang dan wadah guna mengangkat seni kreasi serta kreativitas anak-anak generasi muda.

Pihaknya pun  berharap, kegiatan serupa dapat dikembangkan dan diikuti oleh perwakilan dari seluruh ke kabupaten kota se-Papua Barat. Karena pada event kali pertama ini baru kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan yang mengikutsertakan anak didiknya. 

"Suatu hal yang baru bagi PKK Provinsi Pabar ketika saya mengeluarkan ide untuk lomba seni, tapi buat kami sendiri bukan merupakan hal yang baru mengingat pernah kami lakukan ketika berdinas di papua dan sumatera utara,' kata Roma.

"Kerinduan saya kepada para remaja sebagai calon penerus bangsa, karena mereka mungkin mengikuti ekstra kurikuler, tapi kurang media untuk mereka tampil pada event yang lebih besar. Ini kita lakukan untuk meningkatkan kemampunan dan kompetensi anak-anak kita," ujarnya.

"Peringatan HKG ke- 51 tahun 2023,  boleh berakhir. namun tugas pemberdayaan keluarga dalam pembangunan harus terus 
dilakukan dalam koridor implementasi 10 program pokok PKK," papar Roma. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat