visitaaponce.com

Jemaah Calon Haji Aceh Diberangkatkan Mulai 24 Mei 2023

Jemaah Calon Haji Aceh Diberangkatkan Mulai 24 Mei 2023
Petugas Haji Kemenag Wilayah Aceh, sedang mempersiapkan paspor Jemaah Calon Haji.(MI/Amiruddin Abdullah Reubee)

JEMAAH Calon Haji (JCH) Aceh tahun ini, akan terbang ke tanah suci melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pada Rabu, 24 Mei 2023. Sehari sebelumnya, mereka sudah masuk asrama haji Banda Aceh untuk karantina

Menurut keterangan Kepala bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Aceh, Arijal, jumlah jemaah dalam kloter 1 sebanyak 393 orang. Dengan rincian, Kota Banda Aceh 125 orang, Kabupaten Pidie Jaya 175 orang, Aceh Besar 96 orang, dan petugas 7 orang.

Kuota JCH Aceh tahun ini sebanyak 4.378 orang, terbagi dalam 12 kloter. Di mana 11 kloter berasal dari Aceh, sedangkan kloter terakhir sebanyak 110 orang akan digabungkan dengan provensi lain. 

Baca juga:ertifikat Vaksin Meningitis Bisa Diunduh di Satu Sehat Mobile, Ini Caranya

"Jadi kloter 12 itu 110 orang asal Aceh yang lebih dari kloter 11. Untuk mencukupi kloter 12 ini sebanyak 393 orang, tentu harus ditambah 283 orang lagi dari daerah lain," tutur Arijal kepada Media Indonesia, Sabtu (7/5).

Arijal yang didampingi Kepala Kantor Kemenag Pidie Abdullah AR, mengharapkan semua JCH asal Aceh melakukan persiapan matang sebelum berangkat. Seperti memantapkan manasik, menjaga fisik, dan kesehatan jelang keberangkatan. 

Baca juga: Dapat Tambahan 8.000 Kuota Haji, Menag Segera Bahas dengan DPR

"Paling penting adalah meraih mabrur sebelum haji. Misalnya kepedulian sosial terhadap tetangga, anak yatim orang miskin, dan kerabat. Jangan sampai terlalu, mengejar, menghitung, dan membanggakan jumlah ibadah di tanah suci, sedangkan kewajiban antarsesama tidak terhiraukan. Harus peduli dulu lingkungan sosial di kampung dan saling menolong sesama jemaah yang butuh bantuan" tambah Arijal.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat