visitaaponce.com

5 Calon Jemaah Haji di Sumbar belum Lunasi Bipih

5% Calon Jemaah Haji di Sumbar belum Lunasi Bipih
Kegiatan manasik haji di halaman Gedung Islamic Center, Jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Jawa Barat, pada 2018.(MI/ADI KRISTIADI)

SEKITAR 5 persen calon jamaah haji asal Sumatra Barat (Sumbar) belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih). 

"Ada sekitar 4.200 dari 4.600 jemaah haji Sumbar yang menyetor biaya hajinya di BSI. Hari ini hanya sekitar 5% jemaah haji Sumbar yang belum melakukan pelunasan. Mudah-mudahan semua bisa selesai," ungkap Area Manager BSI Area Padang Aidil Bustamir, Sabtu (13/5).

Pihaknya berkomitmen untuk memfasilitasi dan melayani jemaah haji dalam melakukan pelunasan Bipih.

Baca juga: Pelunasan Bipih Ditutup 12 Mei 2023, Ada 14.356 Jemaah Haji yang belum Bayar

Terkait gangguan sistem BSI secara nasional, pihaknya siap membantu dan memberikan yang terbaik untuk para jemaah. Ia juga memastikan saat ini layanan BSI sudah normal kembali.

"Alhamdulillah sejak kemarin, sistem perbankan di BSI sudah bisa diakses. Dan hari ini sudah normal kembali. Jika masih ada kendala kita akan bantu secara manual," kata Aidil.

Diakui Aidil beberapa hari belakangan memang terjadi perlambatan, pelayanan tetap berjalan. "Mudah-mudahan hari ini selesai, ini komitmen BSI. Permasalahan ini juga tantangan dan ujian dari Allah. BSI diuji sejauh mana komitmennya," tuturnya lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat diwakili Kepala Bidang PHU, Ramza Husmen memberikan apresiasi terhadap pihak BSI yang membantu jemaah dalam melakukan pelunasan haji.

Baca juga: Pelunasan Biaya Haji BSI Capai 95 Persen

"BSI merupakan Bank Penerima Setoran dengan jemaah terbanyak. Dengan adanya gangguan sistem BSI ini, kita sempat khawatir karena memang ada beberapa jemaah yang tertunda untuk melakukan pelunasan," kata Ramza.

Namun kata Ramza, BSI bisa mengatasi dan memberikan jalan keluar. Ini bentuk komitmen dan layanan yang diberikan BSI kepada calon jemaah haji. Ia juga berharap bagi calon jemaah haji yang masuk daftar tunggu dan jemaah lunas tunda 2020 bisa berangkat ke tanah suci.

"Kami mengimbau jemaah haji Sumatra Barat yang belum melunasi untuk segera melakukan pelunasan ke BPS. Karena ini kesempatan emas bagi jemaah haji untuk berangkat," ajak Ramza. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat