visitaaponce.com

Karhutla Mulai Terjadi di NTT

Karhutla Mulai Terjadi di NTT
Kebakaran di Desa Aransina, NTT.(Metro TV/Fransiskus Gerardus Molo)

KEBAKARAN hutan dan lahan terjadi di perbukitan kawasan Desa Aransina kecamatan Tanjung bunga, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu (17/5) malam.

Berdasarkan pantauan langsung di Lapangan pada, pukul 21.00 Wita, api merambat dengan sangat cepat ke lahan-lahan lain yang sebelumnya belum terbakar. Hal tersebut terjadi diyakini karena embusan angin yang kencang.

Menurut warga setempat, kebakaran terjadi sejak pukul 16:00 Wita. Namun, belum diketahui secara pasti pemicunya.

Baca juga: Kemarau, Hampir Seluruh Wilayah NTT Rawan Karhutla

Sebelumnya, BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), juga sudah mengeluarkan peringatan dini ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Selasa (16/5) pagi. Peringatan itu dikeluarkan bersamaan dengan datangnya musim kemarau di 22 kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Dari peta daerah rawan kebakaran yang disampaikan BMKG, hanya beberapa kecamatan di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur di Pulau Flores serta Timor Tengah Selatan di Pulau Timor yang relatif aman dari ancaman karhutla. Sedangkan, wilayah kabupaten lainnya masuk zona merah atau sangat mudah terbakar.

Baca juga: 4 Kecamatan di Palangka Raya Rawan Kahutla

"Yang sangat mudah terbakar adalah alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutup lantai hutan dan kondisi sangat kering," kata Kepala BMKG Stasiun El Tari Kupang, Aguns Sudiono Abadi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat