visitaaponce.com

Komunitas Nelayan Pesisir Sumsel Peduli Lingkungan ke Warga di Sekitar Sungai Musi

Komunitas Nelayan Pesisir Sumsel Peduli Lingkungan ke Warga di Sekitar Sungai Musi
KNP Edukasi peduli lingkungan di sekitar Sungai Musi, Banyuasi, Sumsel(Dok. Komunitas Nelayan Pesisir)

KOMUNITAS Nelayan Pesisir (KNP) Sumatra Selatan melakukan edukasi peduli lingkungan perairan di sekitar Sungai Musi di Desa Perajin, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin.

Koordinator wilayah KNP Sumsel Heldi Bagja mengatakan, edukasi perlu dilakukan agar masyarakat menjadi agen kontrol (agent of control), terhadap kondisi pencemaran lingkungan disana. 

Bagja mengakui lingkungan perairan di desa tersebut sudah tercemari limbah industri hingga sampah rumah tangga.

Baca juga : Lestarikan Budaya Melayu, GMC Kalteng Gelar Lomba Pantun 

“Kami perlu edukasi masyarakat sebagai agent of control. Sehingga, bisa mengontrol perusahaan-perusahaan yang ada di sini. Kalau perusahaan itu membuang limbah berlebihan atau tidak diolah lagi, yang dirugikan adalah masyarakat dan nelayan,” tuturnya.

Kerusakan lingkungan perairan akibat pencemaran dikhawatirkan dapat mengurangi hasil tangkapan ikan dari para nelayan yang beroperasi di Sungai Musi.

Baca juga : Ganjar Ajak HIPMI Optimalkan Program Ekonomi Pesantren Cetak Wirausaha Baru

Kehadiran para sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu juga memberikan bantuan alat pancing ikan tradisional yang biasa disebut “rawai” oleh warga setempat.

Di Desa Perajin terdapat sedikitnya empat kelompok nelayan yang beranggotakan hingga sekitar 100 orang nelayan per kelompok.

Namun, hasil tangkapan ikan mereka diakui terus menurun akibat cuaca buruk, terutama hujan lebat. Selain itu, kerusakan lingkungan juga ikut memengaruhi.

Oleh karena itu, para nelayan berterima kasih kepada para sukarelawan KNP SUmsel yang telah melakukan kegiatan edukasi dan pemberian bantuan untuk mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada Komunitas Nelayan Pesisir Wilayah Sumatera Selatan telah memberikan edukasi kepada nelayan untuk menjaga lingkungan,” ujar perwakilan nelayan setempat, Geni Lesmana. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat