visitaaponce.com

Libur Panjang Jumlah Pelancong Destinasi Wisata Jateng Melonjak

Libur Panjang Jumlah Pelancong Destinasi Wisata Jateng Melonjak
Ilustrasi pelancong di Solo Safari, Solo, Jawa Tengah(MI/widjajadi)

LIBURAN panjang (long weekend) berbagai tempat wisata di Jawa Tengah dibanjiri pelancong. Beberapa destinasi wisata murah meriah masih menjadi pilihan bagi pengunjung.

Setelah liburan lebaran lalu, memasuki pekan pertama Juni berbagai destinasi wisata di daerah pantura Jawa Tengah kembali banyak dikunjungi
wisatawan. Bahkan okupansi hotel diperkirakan melonjak hingga 80-100% karena meningkatnya jumlah pelancong yang berkunjung.

Pelancong nusantara yang datang dari berbagai daerah tersebut, memanfaatkan liburan panjang awal pekan ini untuk berkunjung berbagai obyek wisata murah meriah seperti Kota Lama Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah dan Klenteng Sam Poo Kong (Kota Semarang), Wisata Air Pasir Kencana, Musium Batik dan Pasar Sentono (Pekalongan), Pantai Sigandu dan Kebun Teh Paninggaran (Batang) serta Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga Kadilangu (Demak).

Baca juga: Libur Panjang, Penumpang di Bandara YIA Capai 13 Ribu

“Sejak akhir bulan saya tidak istirahat, mengantar rombongan wisata dari beberapa daerah berkunjung ke ke berbagai obyek wisata," kata Ashar, 54, pimpinan rombongan bus wisata di Semarang Jumat (2/6).

Dari berbagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi, demikian Ashar, rata-rata memilih tempat wisata murah meriah yang tidak dipungut karcis masuk atau murah sekitar Rp5.000-Rp15.000 per orang, namun karena berada di luar daerah rombongan wisatawan ini menginap hotel.

Baca juga: Libur Panjang, Kendaraan di Ruas Tol di Medan dan Bali Melonjak

Ketua Gabungan Industri Pariwisata (Gipi) Jawa Tengah Benk Mintosih secara terpisah mengatakan tingkat kunjungan tempat-tempat wisata hingga okupansi hotel di Jawa Tengah melonjak drastis saat libur panjang pada pekan ini.

Dampak paling terasa meningkatnya pelancong ini, lanjut Benk Mintosih, okupansi hotel biasanya stuck 60%, saat long weekend meningkat menjadi 80-100%. 

“Ini menimbulkan optimisme kami, banyak yang sudah reservasi melalui online," tambahnya.

“Peningkatan jumlah pelancong cukup terasa untuk beberapa destinasi wisata alam,” ungkap Benk Mintosih.

Meskipun tidak sedikit yang memilih ke obyek
wisata budaya dan religi, bahkan tempat wisata seperti di kawasan Bandungan (Semarang) Baturraden (Banyumas), Guci (Kabupaten Tegal) penuh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso secara terpisah mengatakan, meskipun liburan lebaran pptpelah usai, namun tetap optimis jumlah wisatawan berkunjung ke daerah ini cukup tinggi terutama
obyek wisata Kota Lama Semarang.

"Liburan panjang pekan ini optimis wisatawan akan meningkat, kami sudah siapkan berbagai kegiatan yang mampu menarik wisatawan untuk datang ke
sini," ujar Wing Wiyarso.

Sebagai gambaran pada Semarang Night Carnival (SNC) lalu, menurut Wing Wiyarso, jumlah pengunjung capai 40.000 per malam, belum lagi kegiatan lain yang akan banyak menyedot pengunjung. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat