visitaaponce.com

KIE 2023 Jadi Ajang Kenalkan Geopark Kebumen

KIE 2023 Jadi Ajang Kenalkan Geopark Kebumen
KARANGSAMBUNG KARANGBOLONG GEOPARK DI DESA SEBORO, KEBUMEN, JAWA TENGAH.(MI/Lilik Dharmawan)

PEMKAB Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) bakal menggelar Kebumen International Expo (KIE) pada 17-24 Juni 2023 di Alun-alun Kebumen. KIE 2023 mengusung tema Trade, Tourism, Investment dan Geopark.

Ketua Penyelenggara KIE 2023 Asep Nurdiana mengatakan bahwa KIE tahun ini memang sedikit berbeda dengan sebelumnya, tidak hanya Trade, Tourism, Investment, tapi juga Geopark. Alasannya supaya Geopark Kebumen bisa lebih mendunia.

"Yang berbeda dengan tahun sebelumnya, KIE 2023 ini kita usung tema Geopark. Kenapa Geopark, karena melalui event ini, agar Geopark Kebumen mendunia, dikenal masyarakat luas," jelasnya.

Baca juga : Raih Anugerah Desa Wisata 2023, Yuk, Intip Keunikan Desa Wukirsari dan Hargitirto

Saat sekarang, kata Asep, pemerintah tengah mengajukan Geopark Kebumen untuk masuk UNESCO Geopark Global (UGG). Salah satu syaratnya adalah Kebumen harus bisa memiliki daya tarik tersendiri agar dikunjungi banyak orang dengan segala potensi alam dan masyarakatnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen Sri Kuntarti dalam KIE 2023, pihaknya juga menggelar lomba menyangkut seni kebudayaan, seperti ebeg, jamjaneng, rebana, dan cepetan.

Baca juga : Jembatan Kretek II, Ikon Baru Bantul

Lomba akan berlangsung dari 18-24 Juni 2023 di Alun-alun Kebumen dan sekitarnya. "Untuk lomba seni kebudayaan kita sudah meminta setiap kecamatan untuk ikut berpartisipasi. Peserta maksimal 13 grup, kita batasi untuk masing-masing festival seni budaya," katanya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat