visitaaponce.com

Jelang Hari Raya Idhul Adha, Ojek Kambing Laris Manis

Jelang Hari Raya Idhul Adha, Ojek Kambing Laris Manis
Permintaan ojek kambing mengalami peningkatan di Kudus, Jawa Tengah, menjelang Idul Adha.(MGN/Udin Ali Nani)

IDUL Adha tidak hanya membawa berkah bagi para penjual hewan kurban. Namun juga penyedia jasa ojek kambing di Desa Jurang, Kudus, Jawa Tengah. Dengan sepeda motor yang sudah di modifikasi, dalam sehari penyedia jasa ojek kambing bisa meraup cuan hingga ratusan ribu rupiah.

Biasanya para penyedia jasa ojek kambing itu menunggu di depan pasar. Mereka sesekali memasuki pasar untuk menawarkan jasa mereka. Dalam sehari, mereka mampu mengirimkan 2-3 kali kambing dari pasar ke rumah pelanggannya. 

Dengan meningkatnya permintaan kambing, meningkat pula penghasilan jasa penyedia ojek kambing untuk mengantar ke rumah pembeli. Para tukang ojek kambing mengaku di hari biasa hanya mampu mengirim satu hingga dua kali, namun jelang Idul Adha, mampu mengantar hingga empat kali. 

Baca juga: Kemenag Gelar Pemantauan Hilal untuk Tetapkan Idul Adha Minggu Ini

Dalam sekali kirim, jasa ojek kambing mampu membawa hingga 5 kambing, dengan tarif dipatok Rp30 ribu- Rp50 ribu perekor, tergantung jarak rumah penguna jasa.

"Kalau sebelun terakhir ini bisa 3-5 kali bolak balik. Kalau hari biasa palingan 2 kali saja. Sekali kirim bisa sampai lima kambing," ujar Noor, salah satu penyedia jasa ojek kambing. 

Baca juga: Jelang Idul Adha, Temanggung Gelar Pelatihan Juru Sembelih Hewan Kurban

Para pengguna jasanya mengaku terbantu dengan ojek kambing ini. Bejo mengaku sangat terbantu dengan kehadiran ojek tersebut. "Sangat terbantu, karena ga bisa bawa sendiri. Saya udah biasa beli kambing seperti itu," ujarnya. 

Senada, Sunardi mengaku mengeluarkan biaya Rp40ribu untuk mengantarkan kambing yang ia beli di pasar ke rumah. "Kalau bawa sendiri kan susah. Tadi saya kasi Rp40 ribu, soalnya jauh," ujar Sunardi. 

Penyedia jasa ojek kambing memprediksi, permintaan akan terus meningkat, hingga menjelang hari Raya Idul Adha pada 29 Juni 2023. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat