visitaaponce.com

Kemenag Gelar Pemantauan Hilal untuk Tetapkan Idul Adha Minggu Ini

Kemenag Gelar Pemantauan Hilal untuk Tetapkan Idul Adha Minggu Ini
Iliustrasi(Antara)

Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal awal Zulhijah 1444 H/2023 M pada Minggu (18/6) pekan ini.. Pemantauan hilal yang dilakukan di 99 titik di seluruh Indonesia dilakukan untuk menentukan waktu Idul Adha 1444 H.

“Kita akan menggelar rukyatulhilal awal Zulhijah 1444 H pada Ahad, 18 Juni 2023 M, bertepatan dengan 29 Zulkaidah 1444 H. Kita memutuskan akan menggelar rukyatulhilal di 99 lokasi seluruh wilayah Indonesia,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag Adib di Jakarta, Selasa (13/6).

Ia menjelaskan bahwa, pada hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk berkisar antara 0° 11,78’ (nol derajat sebelas koma tujuh puluh delapan menit) sampai 2° 21,57’ (dua derajat dua puluh satu koma lima puluh tujuh derajat menit) dengan sudut elongasi antara 4,39° (empat koma tiga puluh sembilan derajat) sampai 4,93° (empat koma sembilan puluh tiga derajat).

Baca juga: Muhammadiyah Usul Libur Lebaran Idul Adha Tahun Ini Jadi Dua Hari

Sementara itu, Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah, Ismail Fahmi, menambahkan Sidang Isbat yang digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kemenag, Jakarta, akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, Sidang Isbat juga akan dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam serta pondok pesantren. (Z-11)

Baca juga: Jelang Idul Adha, Temanggung Gelar Pelatihan Juru Sembelih Hewan Kurban

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat