visitaaponce.com

Muat 137 Penumpang, KM Rodita Kandas di Perairan Padangbai Bali

Muat 137 Penumpang, KM Rodita Kandas di Perairan Padangbai Bali
Tim SAR di perairan Padangbai Bali.(MI/Ruta)

KAPAL Motor Penyeberangan (KMP) Rodita dengan 137 penumpang kandas di Perairan Padangbai Bali sejak Selasa malam (20/6/) pukul 19.30 WITA. Syukurnya, gerak cepat tim penyelamat, membuat para penumpang dan kru kapal semuanya selamat.

Kapal yang membawa 137 penumpang dan 18 ABK tersebut berangkat dari Pelabuhan Lembar menuju Pelabuhan Padangbai. Pada saat memasuki Padangbai dan akan sandar, KMP Rodita kandas, berjarak kurang lebih 200 meter dari dermaga 2. Kondisi tersebut diakibatkan karena kuatnya arus laut.

Informasi kandasnya kapal penumpang segera dilaporkan ke darat dan segera diteruskan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali). Setelah menerima informasi dari Gusman, dan pihak Basarnas Bali segera memberangkatkan 4 personil tim SAR dari Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem.

Baca juga: Militer AS Cari Kapal Selam Wisata Puing Titanic yang Hilang Kontak

Setibanya di lokasi, tim SAR gabungan menggerakkan rubber boat mendekati kapal. Proses evakuasi sempat terkendala karena ada beberapa bagian kapal tidak berfungsi.

"Dengan mempertimbangkan prediksi pasang surutnya air laut maka kami lakukan koordinasi dengan Perusahaan Pertamina untuk melakukan penarikan menggunakan Tugboat Transkodara," jelas I Wayan Suwena, Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Bali, Rabu (21/6).

Baca juga: Kapal Imigran Tenggelam di Dekat Yunani Puluhan Orang Tewas dan Ratusan Hilang

Selama proses penarikan tim yang berada di rubber boat tetap memantau pergerakan. Akhirnya pada pukul 23.00 Wita KMP Rodita berhasil sandar di Dermaga 1 Pelabuhan Padangbai.

"Seluruh POB yang berada di kapal sudah terevakuasi dan dalam keadaan selamat dan sehat," tutup Suwena.

Selain Basarnas Bali, unsur SAR gabungan yang terlibat diantaranya Polair Polres Karangasem, Ditpolair Polda Bali Pos Padangbai, Bakamla Bali, BPBD Karangasem, perusahaan Pertamina serta masyarakat setempat.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat