visitaaponce.com

BMKG Masih Ada Potensi Gempa Susulan Signifikan di DIY

BMKG: Masih Ada Potensi Gempa Susulan Signifikan di DIY
Masih ada potensi gempa susulan di wilayah DIY setelah gempa 6,4 magnitudo yang terjadi pada Jumat (30/6)(Dok. BMKG)

KEPALA Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa masih ada potensi gempa susulan di wilayah DIY setelah gempa 6,4 magnitudo yang terjadi pada Jumat (30/6). Karenanya, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan waspada.

"Gempa susulan masih mungkin akan terjadi. Masyarakat diminta mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa susulan signifikan yang berpotensi kerusakan pada bangunan yang sudah lemah. Sehingga diimbau untuk tidak menempati bangunan yang secara struktural sudah rusak," kata Dwikorita dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Jumat (30/6).

Adapun, hingga pukul 21.30 WIB, BMKG mencatat ada sebanyak 20 kali gempa susulan. Dengan magnitudo berkisar antara 3.0 sampai 4.2.

Baca juga: Gempa DIY Jadi Pengingat bahwa Zona Subduksi Selatan Jawa Masih Aktif

Selain itu, Dwikorita meminta agar masyarakat waspada dengan kawasan perbukitan dengan tebing curam. Karena gempa susulan signifikan dapat memicu longsoran dan runtuhan batu.

"Dan masyarakat diminta tidak percaya berita bohong mengenai prediksi gempa yang lebih besar dan akan terjadi tsunami. Karena gempa ini sudah dianalisis dan tidak berpotensi tsunami," tegas dia.

Baca juga: Gempa Bumi 6,4 Magnitudo Guncang Kulon Progo, BMKG Imbau Warga Tetap Tenang 

Seperti diketahui, pada Jumat (30/6) terjadi gempa berkekuatan 6.4 magnitudo di wilayah Bantul, DIY. Gempa itu berpusat dari kedalaman 67 km.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa itu terjadi akibat adanya tumbukan lempeng Samudra Indo Australia atau lempeng Samudra Hindia yang menumbuk masuk ke Lempeng Eurasia. Gempa itu dirasakan guncangannya di beberapa wilayah, seperti Bantul, Tulungagung, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek.

Selain itu, gempa juga dirasakan di Karangkates, Klaten, Kulonprogo, Wonogisi, Purwokerto, Pacitan, Gresik Malang, Salatiga, Jepara, Lumajang, Ngawi, Blora hingga Bandung.

"Karena gempa ini terjadi pada bidang kontak antar lempeng Samudra Indo-Australia dan lempeng Eurasia, gempa ini menyebar lebih luas. Karenanya gempa ini terasa hingga ke wilayah-wilayah yang luas," imbuhnya. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat