visitaaponce.com

Evakuasi WNA yang Tergelincir di Diamond Beach Bali Berlangsung Dramatis

Evakuasi WNA yang Tergelincir di Diamond Beach Bali Berlangsung Dramatis
Evakuasi WNA asal India yang tergelincir di Diamond Beach Bali(MI/Ruta Suryana)

TIM SAR gabungan mengevakuasi warga negara asing (WNA) asal India, inisial DS,29, yang mengalami dislokasi pada kaki kanan di Pantai Diamond Beach, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, Minggu (2/7). Kejadiannya diperkirakan berkisar pukul 13.45 Wita.

"Kronologisnya dia turun ke bawah, di tangga bagian bawah dia terpeleset lalu tergelincir sampai bawah," terang Cakra Negara, Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida.

Jarak terjatuhnya korban kurang lebih 2 meter, hingga ia mengalami cedera sehingga tidak bisa berdiri.

Baca juga : Putu Rudana Resmikan Rute Penerbangan Bali-Papua Nugini

Setelah mendapatkan laporan dari pemandu wisata daerah setempat, Dewa Willi, Basarnas Bali memberangkatkan 5 personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida sekitar pukul 14.30 Wita.  

"Akses dari laut tidak memungkinkan karena cuaca lagi tidak bersahabat dan gelombang di Diamond Beach sangat ekstrim," ungkapnya.

Baca juga : Nelayan Bali Diminta Waspada Gelombang Laut Tinggi

Selanjutnya evakuasi dilakukan secara manual dan tidak menggunakan RIB melalui jalur laut. Mereka turun ke bawah dan membawa peralatan medis untuk pertolongan awal pada cedera korban. Proses evakuasi sempat terkendala dengan kondisi akses jalan menuju korban yang terjal dan licin.

Akhirnya pada pukul 16.25  Wita, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasinya dengan kondisi selamat. Selanjutnya DS dibawa dengan menggunakan ambulance  menuju Klinik Nusa Medica untuk mendaptkan perawatan lebih lanjut.

Selama upaya penyelamatan berlangsung turut melibatkan Basarnas Bali (Unit Siaga SAR Nusa Penida), Polsek Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, Pengelola Diamond Beach Nusa Penida, Tim Ambulance Clinik Nusa Medica. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat