visitaaponce.com

Libur Sekolah, Pengunjung Candi Borobudur Naik Dua Kali Lipat

Libur Sekolah, Pengunjung Candi Borobudur Naik Dua Kali Lipat
Pengunjung Candi Borobudur tengah menerima penjelasan dari pemandu wisata.(Antara)

Jumlah pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, meningkat dua kali lipat pada musim libur sekolah saat ini. General Manager Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Jamaludin Mawardi mengungkapkan, pada hari biasa, total pengunjung baik domestik maupun asing hanya sekitar 3.000 hingga 3.500 orang per hari. Sekarang, angka itu naik menjadi 6.000 hingga 8.000 orang per hari.

"Bahkan, pada akhir pekan kemarin, pengunjung sampai 10.000 orang. Tinggi sekali karena bersamaan dengan cuti bersama," ujar Jamaludin di Jawa Tengah, Senin (3/7).

Selain wisatawan lokal, banyak juga turis asing yang memadati Borobudur. Jamaludin menyebut jumlah wisatawan mancanegara mulai meningkat seiring periode liburan musim panas di Eropa yang jatuh pada Juni hingga Agustus.

Baca juga: Liburan Panjang, Okupansi Hotel di Kuta Melonjak

"Indikasinya sudah kelihatan. Setiap pagi jumlah wisatawan yang antre untuk membeli tiket naik ke candi juga mulai kelihatan, lebih banyak dari hari-hari sebelumnya," tutur dia.

Pada masa liburan sekolah ini, kuota kunjungan naik ke bangunan candi sebanyak 1.200 orang per hari selalu terpenuhi lebih awal. Pada hari biasa, kuota itu penuh sekitar pukul 15.00 WIB. Sementara, pada masa liburan ini, kuota sudah penuh pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Tak Kalah dari Bali, Plataran Langit Khatulistiwa Borobudur Jadi Destinasi Baru

"Kalau kuota naik candi sudah penuh, pengunjung yang masih di bawah hanya diberi kesempatan untuk menikmati bangunan candi dari halaman saja," jelasnya.

Pada libur sekolah kali ini, Taman Wisata Candi Borobudur juga menyajikan permainan tradisional dan pembuatan kerajinan seperti gerabah, wayang, dan eco print di Halaman Museum Samodraraksa. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat