visitaaponce.com

Pemkot Solo Pastikan Revitalisasi Kerston Kasunanan, Masuk Proses Lelang

Pemkot Solo Pastikan Revitalisasi Kerston Kasunanan, Masuk Proses Lelang
Prajurit Keraton Kasunanan Solo(Antara/Maulana Surya)

RENCANA Pemerintah Kota Solo melakukan revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta sempat terkatung katung. Tetapi kemudian Walikota Gibran Rakabuming Raka memastikan desain sudah jadi, dan bahkan pekan depan mulai dilakukan lelang tender.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu tidak mau berbicara soal berapa besaran pagu anggaran. Hanya disebutkan sumber pembiayaan dari APBN, dan rencana pembangunan jika semua lancar, diharapkan tuntas pada Juni 2024.

Proyek revitalisasi keraton peninggalan dinasti Mataram Islam itu dipastikan menyasar kawasan Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan termasuk Pasar Cinderamata.

Baca juga : Masih Berkonflik, Revitalisasi Keraton Solo Tunggu Penyelesaian

"Revitalisasi tahap awal adalah pembenahan kawasan Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan dengan pendanaan dari APBN. Progreanya dilakukan dengan tahun jamak atau multiyears," ujar Gibran kepada wartawan.

Yang jelas, proses lelang diharapkan lancar dan tidak ada permasalahan, aehingga pekerjaan ditargetkan selesai Juni 2024. Ada tiga item pengerjaan revitalisasi, yakni Pasar Cinderamata serta pasar-pasar lainnya di kawasan Alun-alun Utara ikut dalam proyek revitalisasi.

Baca juga : Polisi Bantah Todongkan Pistol Lerai Konflik di Kraton Surakarta

Yang jelas, lanjut dia, terkait program revitalisasi itu, Pemkot bakal menyediakan tempat khusus bagi para pedagang selama proyek revitalisasi Keraton Solo berjalan.

Ketika didesak lagi tentang besaran anggaran, walikota milenial itu menegaskan, pagu anggaran bisa diketahui ketika masuk lelang pada pekan depan yang dilakukan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jateng.

Sementara itu Putra Mahkota Keraton Solo, KGPAA Hamengkunegoro Sudibyola Rajaputra Narendra Mataram berharap dari program revitalisasi yang menyasar Alun-Alun Selatan dan Alun-alun Utara, memunculkan ikon baru untuk Kota Solo.  

Dia menambahkan, dalam penataan UMKM, pedagang tidak ada yang pindah sama sekali. " Kita memikirkan pedagang pedagang itu dengan memberikan fasilitas yang lebih baik," ungkap Narendra. 

Terkait desain untuk tiga objek revitalisasi, Narendra menilai cukup bagus. Konsep pedestrian jadi seperti kembali ke Solo masa lalu. Nantinya Alun Utara dipercantik tanpa pagar supaya masyarakat bisa menikmati tata kota dan tata Keraton Solo yang dipercantik. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat