visitaaponce.com

Gubernur Kalsel Buka Kemah Bela Negara 2023

Gubernur Kalsel Buka Kemah Bela Negara 2023
Maskot Kemah Bela Negara 2023, Atan.(MI/DENNY SUSANTO)

GUBERNUR Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor secara resmi membuka Kemah Bela Negara (KBN) Tahun 2023 di Kiram Park Kabupaten Banjar, Senin (10/7). KBN 2023 Kalsel diikuti sebanyak 1.181 orang peserta dari 18 Kwarda atau provinsi.

Acara pembukaan ajang tingkat nasional itu ditandai dengan upacara yang dipimpin Sahbirin selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kalsel. Prosesi pembukaan dimulai dengan parade peserta KBN
2023 setiap kwarda yang menampilkan pakaian adat daerah masing-masing.

Dalam parade tersebut juga ditampilkan maskot KBN 2023 yaitu boneka Bekantan, hewan khas Kalimantan yang disebut Atan dengan ikat kepala khas banjar (laung).

Baca juga: Sudah 2.558 Titik Api Muncul di Kalimantan Selatan

Pembukaan KBN 2023 dihadiri Sekjen Mabina Pramuka Bachtiar, Ketua Komisi Bela Negara Mabina Pramuka Hasto Pratisto Yuwono, Ketua Kwarda Kalsel Raudatul Jannah, para ketua kwartir daerah, pimpinan satuan karya tingkat daerah, Ketua Mabicab, dan Ketua Kwartir cabang se- Kalsel.

Tercatat ada 61 regu putera dan 61 regu puteri yang menjadi peserta KBN yang berasal dari 18 kwarda, antara lain dari Lampung, Jakarta, Jateng, DIY, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulteng, Sulsel, NTB, Banten, dan Gorontalo. Total peserta KBN sebanyak 1.181 orang.

Baca juga: Pramuka Ikut Bantu Kawal Mudik

KBN dijadwalkan berlangsung pada 10-16 Juli, berlokasi di lima titik yakni Kiram Park, Tahura Sultan Adam, Ekowisata Mangrove di Kabupaten Tanah Laut, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin. Beberapa kegiatan dalam KBN 2023 antara lain, moving camp dari Tahura menuju puncak Tengger Tahura Sultan Adam melalui Jalan Pangeran Surianata dengan jarak tempuh sekitar 13,9 km.

Ada juga olahraga permainan tradisional, seperti Enggrang, Terompah Panjang, Gebuk Bantal, Tarik tambang, Balogo, Sumpitan, Panahan Tradisional, Lari Balok, Hadang serta Ketapel. Agenda lainnya wisata penanaman mangrove. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat