visitaaponce.com

Ketahuan Pungli, Kepala SMK Negeri 1 Sale Rembang Dibebastugaskan

Ketahuan Pungli, Kepala SMK Negeri 1 Sale Rembang Dibebastugaskan
Ilustrasi pungli(Dok. MI)

KETAHUAN lakukan pungutan liar kepada para siswa, Kepala SMK Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang Widodo dibebastugaskan sementara dari jabatannya.

Pungutan liar (pungli) di sekolah masih ditemukan di Jawa Tengah, ratusan siswa SMK Negeri 1 Sale, Kabupaten Rembang dipungut uang pembangunan dengan modus infak Rp300 ribu per siswa.

Kasus pungli di sekolah tersebut, terbongkar ketika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lakukan berkunjung ke Pendopo Kabupaten Rembang Senin (10/7), lakukan pertemuan dengan siswa sekolah di daerah itu dan memanggil lima siswa secara acak.

Baca juga : Ganjar Resmikan 3 Gedung Baru di RSUD Dr Moewardi

Dalam dialog dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu, seorang siswa mengaku dipungut biaya pembangunan dalam bentuk infak Rp300 ribu per siswa. "Ada Pak ditarik infak saat kenaikan kelas," ujar siswa.

Atas informasi itu, Ganjar Pranowo langsung menanggapi akan menyelesaikan masalah ini dan menghubungi pihak sekolah untuk mengonfirmasi masalah tersebut.

Baca juga : Ganjar Tinjau Program RTLH di Rembang

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah Selasa (11/7) mengatakan atas informasi yang masuk tersebut, dinas telah memeriksa kepala sekolah yang bersangkutan.

Berdasarkan pengakuan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sale, Rembang Widodo membenarkan sumbangan infak yang dimaksud, yakni dari 534 siswa SMKN 1 Sale 460 di antaranya sudah membayar dan 44 siswa tidak membayar karena tergolong tidak mampu. 

"30 siswa tidak membayar dengan pertimbangan sudah tahun keempat," tambahnya.

Masih menurut pengakuan kepala sekolah, demikian Uswatun Hasanah, dana yang terkumpul Rp130 juta dan telah digunakan pada 2022 untuk pembangunan musala hingga tercapai 40 persen.

"Atas tindakan tersebut, maka Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sale, Rembang dibebastugaskan sementara dari jabatannya," ujar Uswatun Hasanah. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat