visitaaponce.com

Anies Janjikan Perlakuan Setara Pondok Pesantren dan Pendidikan Umum

Anies Janjikan Perlakuan Setara Pondok Pesantren dan Pendidikan Umum
Capres Anies Baswedan di Ponpes Ma'hadul 'Ulum Asy-Syar'iyyah (MUS)(MGN/Fachri Audhia Hafiez)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menjanjikan penyetaraan bagi pondok pesantren (ponpes). Ponpes dipastikan memiliki perlakuan setara dengan sekolah-sekolah negeri atau umum.

"Harapan kami melakukan perubahan untuk menyetarakan, menyetarakan apa, yang selama ini diskriminatif antara pendidikan negeri dan pendidikan swasta, antara pendidikan umum dan pendidikan di dunia agama," kata Anies di Ponpes Ma'hadul 'Ulum Asy-Syar'iyyah (MUS), Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Senin (25/12).

Anies menuturkan ponpes sejatinya telah menjadi akar fondasi kuat sebelum Indonesia merdeka. Pendidikan bagi anak-anak bangsa sudah terbentuk lewat ponpes.

Baca juga : Anies Baswedan: Masyarakat Banyak Mengeluhkan Masalah di Sektor Pendidikan

"Sebelum republik ini berdiri yang menjaga tradisi keislaman yang menjaga tradisi iman Islam, akhlak dari masyarakat muslim di Indonesia dan (ponpes) sudah menyelenggarakan pendidikan ketika negara belum menyelenggarakan pendidikan," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menekankan negara mesti menyadari bahwa ponpes punya peran besar di masa lalu. Anies berikhtiar menghadirkan perubahan bagi ponpes.

"Sudah saatnya negara memperlakukan dan membayar balik atas yang sudah dikerjakan oleh pondok-pondok pesantren. Kami ingin mengikhtiarkan ini bukan sebagai statement bukan sebagai pernyataan tapi sebagai ikhtiar menghadirkan kenyataan baru untuk pondok-pondok pesantren di seluruh Indonesia," ucap Anies. (MGN/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat