visitaaponce.com

Anies Baswedan Masyarakat Banyak Mengeluhkan Masalah di Sektor Pendidikan

Anies Baswedan: Masyarakat Banyak Mengeluhkan Masalah di Sektor Pendidikan
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(AFP)

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mengaku banyak menerima aspirasi masyarakat terkait masalah pendidikan di Tanah Air. Itu yang paling sering ia dengar ketika berkeliling menyapa masyarakat.

"Kami selama setahun ini berkeliling, merasakan, yang diinginkan masyarakat adalah perubahan. Masyarakat paling banyak bicara soal pendidikan, lalu kesehatan," ujar Anies di Semarang, Jawa Tengah, Senin (5/2).

Anies melihat, sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia masih menganut piramida terbalik dengan jenjang pendidikan yang semakin tinggi semakin meruncing. Akhirnya, kata dia, banyak anak yang putus sekolah di tengah jalan.

Baca juga : Anies Baswedan: Negara tidak Boleh Perhitungan dengan Rakyatnya

"Kompetensi yang muncul jauh dari harapan," tuturnya.

Jika berkaca pada sejumlah negara lain di dunia, mereka menerapkan proporsi yang sama untuk jenjang pendidikan, baik sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

"Ada yang bangku di perguruan tingginya 70% dari bangku SMA. Apa yang terjadi? Mereka menyiapkan generasi luar biasa," imbuhnya.

Baca juga : Anies Apresiasi Banyak Spanduk Aspirasi Warga Semarang yang Suarakan Perubahan

Dari perjalanannya berkeliling Indonesia, Anies juga merasakan adanya ketimpangan di sektor pendidikan. Ia banyak menemukan anak-anak dengan kemampuan luar biasa di daerah-daerah, namun mereka tidak punya kesempatan untuk melanjutkan sekolah.

"Banyak yang berkemampuan tinggi, tapi kesempatan rendah. Kesempatan tidak ada, mandek. Ini namanya kendala struktural dan itu yang akan kita ubah ke depan," tandasnya. (Ant/Z-11)

Baca juga : Debat Capres Tidak Beri Solusi Persoalan Fundamental Pendidikan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat