visitaaponce.com

Coral Garden, Cara Mind Id Jaga Ekosistem Laut

Coral Garden, Cara Mind Id Jaga Ekosistem Laut
Program Coral Garden merupakan wujud dari komitmen perusahaan dalam menjaga ekosistem laut berkelanjutan serta mendukung wisata bawah laut.(Dokumentasi pribadi.)

BUMN holding industri pertambangan Mind Id berkomitmen menjaga ekosistem laut dan mendukung wisata bawah laut. Sebagai anggota Grup Mind Id yang wilayah operasionalnya berada dekat dengan kawasan pesisir, PT Timah Tbk berdedikasi untuk menjaga ekosistem laut tersebut.

Hal itu diwujudkan melalui penanaman serta konservasi terumbu karang dan biota laut dalam program Coral Garden. Program Coral Garden merupakan wujud dari komitmen perusahaan dalam menjaga ekosistem laut yang berkelanjutan serta mendukung wisata bawah laut. "Grup Mind Id selalu berkomitmen menjaga ekosistem laut, terutama bagi anggota perusahaan yang wilayah operasionalnya berada dekat dengan kawasan pesisir," kata Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf dalam keterangan tertulis, Kamis (20/7).

Ekosistem terumbu karang memang memiliki peran yang sangat penting sebagai tempat pemijahan, pengasuhan, dan mencari makan bagi biota laut. Selain itu, terumbu karang berfungsi sebagai tempat wisata dan perlindungan pantai. Selain menjaga ekosistem bawah laut dan mendukung wisata bawah laut, program ini memberikan dampak untuk mendorong sektor pariwisata dan perikanan di kawasan tersebut.

Baca juga: Labuan Bajo Maritime Festival Session 2 Kembali Digelar

Program Coral Garden diinisiasi sejak 2021 atas kerja sama PT Timah Tbk dengan berbagai mitra strategis, seperti Komunitas Sayang Babel dan Koperasi Usaha Bersama (KUB) Bina Sejahtera. Jejak langkah pelaksanaan program pada 2021 tersebut dilakukan di Pantai Penyusuk dan Pulau Putri (Batch 1). Pada 2022, Program Coral Garden dilakukan di Pulau Putri (Batch 2) dan Dusun Air Antu, Desa Deniang, Kabupaten Bangka. 

Selain bekerja sama dengan mitra strategis, PT Timah Tbk juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Masyarakat diajak untuk terlibat dalam proses pembuatan, penenggelaman, hingga monitoring. Dengan dimikian, masyarakat akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru dalam melaksanakan transplantasi karang. Hal tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. PT Timah Tbk berharap agar kegiatan ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Baca juga: Tol Baru Diharapkan Tingkatkan Daya Saing Bengkulu

Sejak awal diinisiasi, program Coral Garden menghasilkan berbagai capaian. Dengan program ini, tingkat keberhasilan penanaman terumbu karang mencapai 85%. Program ini juga mendorong sektor pariwisata di kawasan Coral Garden, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan biota bawah laut. Tentu saja, program ini turut menjaga ekosistem laut agar tetap lestari.

Program Coral Garden juga mendorong sektor perikanan karena terumbu karang menyediakan habitat dan sumber makanan bagi banyak spesies ikan. Terumbu karang juga merupakan tempat berkembang biak dan membesarkan ikan secara alami.

Melihat mandaatnya yang besar bagi penciptaan mata pencaharian dan perkembangan ekonomi penduduk sekitar, program Coral Garden akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan. Ke depan, Coral Garden dapat terus berlanjut sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi kelompok nelayan tak hanya untuk mencari ikan, tetapi juga mengembangkan wisata. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat