visitaaponce.com

Frank Wormuth Jadi Konsultan Pelatih Timnas U-17, Ini Alasan PSSI

Frank Wormuth Jadi Konsultan Pelatih Timnas U-17, Ini Alasan PSSI
Profil Frank Wormuth.(Instagram PSSI)

PSSI optimistis tentang penunjukkan pelatih asal Jerman, Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih timnas U-17 akan mampu meningkatkan kualitas dan strategi permainan tim Merah Putih menuju FIFA World Cup U-17 atau Piala Dunia U-17 FIFA.
 
Penegasan itu disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir ketika menghadiri proses seleksi lapangan untuk Timnas U17 di Stadion Sriwedari, Solo Minggu (23/7).

Erick hadir didampingi Waketum PSSI Zaenudin Amali, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Exco PSSI Muhammad dan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Menurut dia, kapasitas pelatih yang terakhir menukangi FC Groningen, Belanda dan pernah menjadi manajer tim Jerman U-20 pada 2010-2016 itu, menjadi awal keinginannya untuk membentuk sekaligus mendesain pola dan strategi karakter sepakbola Indonesia di masa depan.
 
"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini untuk jangka waktu 4 bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17," tukas Erick.

Baca juga : Erick Thohir Enggan Berpolemik soal Pembenahan Sepak Bola, Lebih Pilih Cari Solusi

Dia paparkan, PSSI akan melihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun timnas Garuda Muda. Dalam kontrak selama empat bulan, Frank akan melakukan pentahapan untuk membangum tim U-17 agar siap bersaing dengan 24 negara lainnya di Piala Dunia U-17 pada November - 2 Desember.
 
Tugas Frank, dari mulai analisis SWOT untuk membentuk tim kepelatihan dan staf yang solid, mempersiapkan modul-modul kepelatihan, pemaparan hingga implementasi program, serta melakukan pengawasan dan evaluasi atas modul yang dijalankan tim pelatih U-17.
 
Penunjukan Frank juga didasari rencana kamp pelatihan dan try out ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober nanti. Dan Erick percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu pematangan timnas dan juga tim pelatih.

 
Berjalan lancar

Sementara terkait proses seleksi, Erick berharap bisa berjalan lancar, dan sekaligus memastikan tidak ada pemain titipan. Hal itu karena PSSI ingin memberikan kesempatan pada talenta muda Indonesia.
 
PSSI lanjut dia, sangat serius mempersiapkan, bukan hanya untuk U-17 tetapi juga untuk U-20. "Karena tidak mungkin kita membentuk tim yang tangguh dengan program yang pendek pendek saja," imbuh dia.
 
Sementara Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, dari proses seleksi timnas U-17 nantinya akan diambil berdasar kualitas, yang kemudian mereka perlu membuktikan dirinya dalam seleksi lanjutan di Jakarta

Dijelaskan, PSSI sudah memiliki belasan nama talenta terpilih dan terseleksi dari proses seleksi yang berlangsung di sejumlah kota dari target 12 kota yang akan berlangsung hingga akhir Juli nanti.  

Baca juga : Cek Seleksi Timnas U-17, Jokowi Puji Erick Thohir

Rinciannya di Bali yang pesertanya terbanyak mendapat 11 pemain, Jakarta 3, Bandung 4 dan Palembang dapat 2 pemain. Di Kota Solo yang diikuti 300 peserta diharapkan dapat menghasilkan terbaik talenta secara kualitas.
 
"Jika ada yang tidak lolos di Timnas U17, kami coba untuk dibina lanjutan di klub klub Liga 1 yang punya Elite Pro Academy U-16 dan U-18," katanya.  

 

FIFA cek stadion

 
Dalam kesempatan itu, Erick juga menginformasikan rencana kedatangan FIFA pada akhir bulan Juli 2023 untuk mengecek lagi seluruh kesiapan fasilitas stadion yang dibutuhkan untuk Piala Dunia U-17.
 
"Memang khususnya Kota Solo sudah ditinjau saat U-20 tetapi tetep kita akan cek ulang," kata dia.
 
Ia menyebutkan, Kota Solo bahkan dipersiapkan menjadi    tempat semifinal dan final. Karena itu Erick berharap akan menjadi sejarah bagi persepakbolaan nasional nantinya. " Siapa tahu sepak bola ini bisa buat sejarah," pungkas dia. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat