visitaaponce.com

Pemuda Dayak Tegaskan Dukungan untuk IKN

Pemuda Dayak Tegaskan Dukungan untuk IKN
Peserta menampilkan atraksi kekebalan tubuh khas suku Dayak Maanyan Kalimantan Tengah.(ANTARA/MAKNA ZAEZAR)

MASYARAKAT dan pemuda dayak kembali menegaskan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Pembangunan IKN diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan serta menjadikan masyarakat dayak lebih bermartabat.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak), Jansen A Binti, Kamis (27/7), di sela-sela Pelantikan Dewan Pimpinan Kabupaten/Kota Gerdayak se Kalsel di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

"Pembangunan IKN ini sejalan dengan cita-cita Gerdayak yang dideklarasikan secara nasional pada 2010 lalu yaitu agar masyarakat dayak dapat berperan serta membangun Indonesia," tegasnya.

Baca juga: Penegakan Hukum Karhutla di Kalimantan Selatan Terkendala Regulasi

Karena itu Gerdayak mendukung penuh pembangunan IKN dan mendorong agar masyarakat terutama generasi muda dayak dilibatkan. "Melalui IKN kita ingin masalah kemiskinan dan kesejahteraan yang selama ini dihadapi dapat diselesaikan," ujar Jansen.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalsel Abdul Qodir. Menurutnya DAD menyetujui dan mendukung pembangunan IKN. "Dulu memang ada sedikit polemik tapi sudah selesai. Kita mengapresiasi komitmen pemerintah terkait keterlibatan masyarakat dayak seperti dalam badan otorita IKN," katanya.

Baca juga: BUMN Disebut Berperan Penting dalam Membangun IKN

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan hadirnya Gerdayak di Kalsel ini adalah untuk mempererat persatuan dan persaudaraan suku-suku di kalsel. "Suku-suku seperti banjar dan dayak bersatu sejak lama dalam sejarah perjuangan Indonesia," ucap Sahbirin.

Tercatat ada delapan kepengurusan organisasi Gerdayak kabupaten/kota yang dilantik DPP Gerdayak Provinsi Kalsel. Acara ini juga ditandai dengan penyerahan medali kehormatan Gerdayak Indonesia kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat