visitaaponce.com

Susu Bantuan Stunting Dijual di Medsos, Dinkes Tasikmalaya Telusuri Pelakunya

Susu Bantuan Stunting Dijual di Medsos, Dinkes Tasikmalaya Telusuri Pelakunya
Ilustrasi(Istimewa)

DINAS Kesehatan Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, menelusuri kabar beredarnya penjualan susu bantuan penanganan balita tengkes (stunting) di media sosial (medsos), dan berkoordinasi dengan kepolisian.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, aduan soal maraknya informasi penjualan susu bantuan penanganan tengkes yang telah beredar tersebut terjadi secara masif.

Namun, setelah dilakukannya verifikasi lapangan tidak seperti kabar yang beredar. Uus mengatakan, memang ada yang terjadi tapi kasusnya tidak banyak hanya ada lima orang.

Baca juga : Susu Penting untuk Cegah Stunting pada Anak

"Tahap awal pemberian makanan tambahan (PMT) yang dilakukan pada Juni lalu memang ada lima kasus terjadi dan sudah melakukan edukasi kepada orang tua yang menjual susu bantuan tersebut. Akan tetapi, orang tua yang bersangkutan sudah diminta membuat surat pernyataan agar tidak kembali melakukan tindakan serupa hingga program PMT kembali dilanjutkan," katanya, Kamis (27/7).

Ia mengatakan, kabar penjualan susu bantuan yang kembali ramai belakangan ini kembali melakukan pengecekan tetapi tidak ditemukan adanya orang tua yang menjual susu bantuan untuk penanganan balita tengkes (stunting).

Baca juga : Kemenkes Anggarkan Pemberian Protein Hewani untuk Turunkan Stunting

Namun, yang jelas semua kasus yang terjadi itu sudah selesai dan untuk sekarang model pembagian susu bantuan dusnya langsung dicopot.

"Kami setiap minggu melakukan pemantauan dan otomatis pemberian susu juga terkontrol, tapi langkah yang dilakukan terus melakukan edukasi pengawasan di lapangan. Dinkes juga akan melibatkan petugas lintas sektoral untuk melakukan pengawasan di lapangan supaya, para penderita tengkes bisa cepat normal," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Polres Tasikmalaya Kota untuk berupaya melakukan penelusuran terkait beredarnya penjualan susu bantuan penanganan balita tengkes.

Namun, berdasarkan laporan sementara yang diterima tidak semua kabar beredar benar, karena akun medsos palsu.

"Kami mendapat laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya ditemukan ada lima kejadian penjualan susu bantuan dalam medsos sudah ditindaklanjuti. Akan tetapi, kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres Tasikmalaya Kota," katanya.

Pihaknya sangat prihatin atas penjualan yang dilakukannya di dalam Medsos semua akun itu sudah dihapus karena palsu. Bantuan susu selama ini diberikan kepada penderita tengkes untuk meningkatkan kondisi gizi bagi anak-anak. Karena, target sasarannya diperuntukkan untuk 1.730 anak agar mereka bisa kembali normal.

"Saya sudah meminta agar Dinas Kesehatan terus melakukan edukasi dan monitor jangan sampai betul kejadian seperti itu terjadi. Akan tetapi, dari hasil laporan ada akun palsu sudah terekam dan tidak ada kasusnya dan ada akun yang susah dihapus artinya semua akun yang ada palsu," pungkasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat