visitaaponce.com

Virus Jembrana Serang Ternak Sapi di Dua Daerah Sultra

Virus Jembrana Serang Ternak Sapi di Dua Daerah Sultra
Ilustrasi virus.(DOK MI.)

VIRUS jembrana pada hewan ternak sapi mulai menyerang dua daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Kabupaten Konawe dan Kolaka Timur. Berdasarkan data pada 2023 dari Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra dua di daerah ini banyak sapi dinyatakan mati akibat virus tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Sultra La Ode Muhammad Jabal mengatakan, di Kabupaten Konawe sapi yang terjangkit virus jembrana sebanyak enam ekor. Ini terdiri atas lima ekor dinyatakan positif serta mati dan satu negatif atau sembuh.

"Sedangkan di Kolaka Timur dari 14 ekor yang terjangkit virus jembrana, 11 dipotong, 2 dinyatakan negatif atau sembuh, dan 1 mati," ungkap dia.

Baca juga: Gali Fondasi Rumah, Rudy Hartono Temukan Gading Gajah Purba

Jabal bilang, virus tersebut diakibatkan asupan pakan yang tidak baik dan kandang tidak bersih, sehingga menyerang sistem kekebalan sapi. "Proses penularannya melalui gigitan nyamuk dari sapi yang terinfeksi virus ke sapi yang lain. Virus jembrana hanya menyerang pada sapi jenis bali dan tidak menular pada sapi jenis lain," beber dia.

Dikatakannya, daging sapi yang terinfeksi virus jembrana termasuk aman untuk dikonsumsi. "Sedangkan dari sisi ekonomi peternak sapi mengalami kerugian yang cukup besar. Adapun ciri-ciri ternak terjangkit virus jembrana yakni mengeluarkan keringat darah, pembengkakan pada paha, diare dengan bercak darah, dan nafsu makan menurun," terang Jabal.

Baca juga: MUI Jabar Minta Pemerintah Waspadai Dampak Panji Gumilang Tersangka

Masyarakat diminta agar melaporkan ternaknya jika terjadi gejala dan rutin melakukan vaksinasi. "Masyarakat harus segera melapor jika ada kondisi sapi yang mencurigakan terpapar virus ini," tukasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat