visitaaponce.com

69 Tukik Terdampar di Pantai Cengkrong, Trenggalek

69 Tukik Terdampar di Pantai Cengkrong, Trenggalek
Ilustrasi pelepasan tukik(Antara)

Sebanyak 69 ekor anakan penyu atau tukik ditemukan terdampar di Pantai Cengkrong, Teluk Prigi, Trenggalek, Jawa Timur, dalam sepekan terakhir.

Warga bersama penggiat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Cengkrong pun kemudian menampung puluhan tukik tersebut di penangkaran sementara. Mereka akan dirawat sebelum kemudian melepasliarkan ke pantai sehingga bisa hidup di habitat asli.

"Warga mengumpulkan tukik itu dan melaporkan ke pokdarwis untuk kemudian dirawat sementara," ujar Kapolsek Watulimo Zainudin di Trenggalek, Senin (7/8).

Baca juga: 51 Paus Mati Terdampar di Pantai Cheynes, Australia

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab tukik-tukik itu terdampar. Muncul dugaan, anakan penyu tersebut terbawa arus dari Pantai Kili-kili di Kecamatan Panggul, kawasan pesisir selatan Trenggalek. Mereka terbawa karena gelombang yang tinggi.

Dugaan itu muncul karena tukik yang terdampar adalah jenis penyu lekang, yang sebelumnya dilepasliarkan dari Pantai Kili-kili.

Baca juga: 114 Satwa Endemik Papua Dilepas di Pengunungan Cycloop

"Di Pantai Kili-Kili terdapat pusat konservasi penyu yang sering melakukan pelepasliaran tukik pada musim tertentu. Namun, belum diketahui pasti penyebab puluhan tukik itu naik ke daratan hingga ditemukan warga terdampar di Pantai Cengkrong," imbuh Zainudin. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat