visitaaponce.com

Warga Flotim Gelar Pawai Obor Sambut HUT Ke-78 RI

Warga Flotim Gelar Pawai Obor Sambut HUT Ke-78 RI
Pawai obor dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI di Flores Timur, NTT(MI/Fransiskus Gerardus Molo)

RATUSAN warga menggelar pawai obor menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (16/8) malam.

Pawai yang melibatkan semua kelompok usia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa ini digelar masyarakat di Kelurahan Sarotari Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur. 

Iringan musik tradisional gong, gendang, dan lagu lagu kebangsaan serta yel yel dan pekikan kemerdekaan menambah meriah pawai obor yang berangkat dari pemukiman Riang Muda Batu Ata, mengelilingi wilayah Kelurahan Sarotari, dan finis di Lapangan Riang Jati Lingkungan Riangnyiur.

Baca juga: Warga Sengaja Bakar Rumput, Api Menyebar Luas

Di antara barisan warga yang membawa obor minyak tanah ini, ada juga replika senjata berwarna hitam dengan bendera merah putih di usung beberapa orang.

Peserta anak-anak terlihat sumringah, sambil menyesuaikan langkah dengan iringan musik, sedangkan para orang tua berada di barisan paling belakang barisan peserta pawai obor tersebut.

Plt Lurah Sarotari, Felix B Koten menyatakan kegiatan merayakan HUT Ke-78  Kemerdekaan RI oleh semua lapisan masyarakat diharapkan tidak hanya sebatas perayaan semata, akan tetapi diharapkan bisa menumbuhkan sikap patriotisme. dan mengingat peristiwa Rengas Dengklok saat para pemuda melihat adanya momentum yang harus dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk menyatakan kemerdekaan. 

Baca juga: Pemkab Flotim dan PDHI NTT Gelar Baksos Vaksinasi Rabies dan Sterilisasi

"Pesan yang diambil adalah bagaimana kita sebagai anak bangsa hendaknya peka terhadap momentum. Banyak hal besar yang bisa kita lakukan jika kita bisa memanfaatkan momentum. Sebaliknya, banyak hal terlewati atau tertunda karena kita alpa memanfaatkan momentum, " kata Felix. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat