visitaaponce.com

Warga Sengaja Bakar Rumput, Api Menyebar Luas

Warga Sengaja Bakar Rumput, Api Menyebar Luas
Jerami yang terbakar.(MI/Fransiskus Gerardus Molo.)

PADANG semak belukar sekaligus lahan tidur di kawasan Kretan Tukan, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, hampir setiap tahun menjadi lahapan si jago merah. Ketika memasuki musim kemarau panjang, lahan sengaja dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pantauan Metro TV, api membakar rerumputan kering yang berada di kawasan itu sehingga menimbulkan asap hitam mengepul di udara. Objek yang terbakar di lahan ini sudah menjadi budaya masyarakat di wilayah Solor Barat. Penyebabnya sengaja dibakar oleh warga yang melintas di kawasan ini. 

Kawasan itu letaknya jauh dari permukiman warga, baik di Kelurahan Ritaebang maupun Desa Nusa Dani. Apalagi kawasan ini memang lahan tidur yang tidak pernah digarap oleh masyarakat khususnya pemilik ulayat dan para penggarapnya, baik di desa Pamakayo dan Lewonama Kecamatan Solor Barat.

Baca juga: Polisi Tangkap 10 Pengedar Narkoba Jaringan Lapas

Meskipun kawasan ini pernah dipelopori Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai kawasan pengembangan kelor, tetapi tidak berhasil hanya karena ulah tangan manusia di wilayah Solor barat yang suka usil dengan membakar rumput kering di sepanjang ruas jalan provinsi tersebut. 

Terpantau, api merambat dengan cepat serta meluas semak belukar dan rumput kering yang mengering akibat kekeringan panjang saat ini. Selain itu kobaran api pun menjulang dengan ganas ditambah terpaan angin pantai menambah gairah sang jago merah.

Baca juga: Pemkab Flotim dan PDHI NTT Gelar Baksos Vaksinasi Rabies dan Sterilisasi

Kobaran api itu tak bisa dipadamkan. Bahkan warga yang melintas di ruas jalan ini terganggu dan harus berhenti ikut menyaksikan lahan api yang terus menjalar. Menurut beberapa warga yang melintas di ruas jalan ini kepada Metro TV menuturkan bahwa kawasan ini sepertinya sudah langganan terjadi kebakaran setiap tahun. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat