visitaaponce.com

Pemkab Flotim dan PDHI NTT Gelar Baksos Vaksinasi Rabies dan Sterilisasi

Pemkab Flotim dan PDHI NTT Gelar Baksos Vaksinasi Rabies dan Sterilisasi
Petugas menyuntikan vaksin rabies ke anjing peliharaan warga di Flotim, NTT(MI/ Fransiskus Gerardus Molo)

DALAM rangka perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 RI, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Flores Timur bersama Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang NTT Wilayah Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) didukung AnimalWelfare.id dan Jakarta Animal Aid Network mengadakan Bakti Sosial Vaksinasi Rabies dan Sterilisasi pada Anjing (Kastrasi jantan dan Ovariohisterectomi betina). 

Kegiatan berlangsung pada, Selasa (15/8), di Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Flores Timur di Kelurahan Pukentobi Wangibao, Larantuka. 

Selain dilaksanakan terpusat di kantor Disbunter, juga dilakukan visit atau  kunjungan ke rumah apabila ada pemilik anjing yang kesulitan membawa hewan peliharaannya. Kegiatan kunjungan ke rumah dilaksanakan sampai dengan 20 Agustus 2023. 

Baca juga: Wabah Rabies Telah Menyebar ke Kota Kupang

Koordinator kegiatan, Simon Nany mengatakan Flores Timur adalah daerah endemis Rabies sehingga perlu dilakukan vakinasi rabies untuk meningkatkan kekebalan anjing terhadap rabies dan untuk melindungi masyarakat dari penularan penyakit hewan yang sangat berbahaya yaitu rabies.

"Kegiatan sterilisasi adalah salah satu tindakan untuk dapat mengendalikan populasi anjing yang terus meningkat karena akan mengurangi tingkat kelahiran," ujar Simon.

Dia menambahkan selain kegiatan sterilisasi dan vaksinasi juga dilakukan sosialisasi kepada klien dan masyarakat sekitar tentang pentingya memperhatikan kesejahteraan hewan yaitu bagi yang memelihara hewan perlu memperhatikan kebutuhan dasar terutama ketersediaan makanan, tempat tinggal yang nyaman dan juga memperhatikan aspek kesehatannya.  

Baca juga: Banyak Wabah Penyakit Menular, Kementan Bentuk Kader Zoonosis

Dia berharap, dengan kegiatan itu, masyarakat semakin sadar memperhatikan hewan peliharaan, kesehatannya, dan juga melakukan vaskinasi terhadap hewan kesayanganya terutama vaskinasi rabies. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat