visitaaponce.com

Meriahkan HUT RI, Festival Orang-Orangan Sawah Dorong UMKM Naik Kelas

Meriahkan HUT RI, Festival Orang-Orangan Sawah Dorong UMKM Naik Kelas
The Village menggelar Festival Orang-orangan Sawah yang melibatkan sejumlah UMKM di kawasan Desa Silulu, Gunung Malela Simalungun.(MI/Apul)

MENYEMARAKAN Hari Kemerdekaan RI ke - 78, The Village Silulu menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mensukseskan Festival Orang - Orangan Sawah. Festival digelar di kampung wisata The Village Desa Silulu Gunung Malela Simalungun, Sumatra Utara, Sabtu (19/8).

Togu Simorangkir selaku pengelola kampung wisata The Village mengutarakan Festival Orang-Orangan yang digelar sehubungan dengan rangkaian semarak HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang bertujuan meningkatkan, menaikkan kelas ekonomi para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

"Festival sebelumnya pesertanya ada yang dari Padang Sidempuan dan Kota Medan. Kali ini kita fokuskan para UMKM yang berasal dari Siantar Simalungun yang diikuti 8 UMKM," kata Togu didampingi Herbert Simamora perwakilan vipvoucher.id Sumatera Utara di lokasi The Village Silulu, Sabtu (19/8).

Baca juga: Pawai Obor, Momentum Kebersamaan Untuk Membangkitkan Nilai-nilai Perjuangan Bangsa

Festival Orang-Orangan Sawah kali ini ungkap dia merupakan festival yang ketiga kalinya. sebelumnya digelar festival kuliner keong sawah kemudian dilanjutkan dengan festival anak berani kotor dengan melibatkan beberapa para pelaku UMKM.

"Festival pertama kebetulan pada hari libur bisa menghasilkan penjualan dengan uang yang beredar  hampir Rp25 juta dan kemudian pada festival kedua menghasilkan Rp24 juta. Harapan kita bagaimana agar para UMKM bisa naik kelas," ungkapnya.

Baca juga: Jokowi Kembali Bagi-bagi Sepeda di Muktamar Muhammadiyah Sumut

Togu sebagai pengelola kampung wisata The Village yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan ini menjelaskan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, pihaknya menggandeng vipvoucher.id untuk menyemarakkan Festival Orang - Orangan Sawah.

"Untuk memeriahkannya berbagai perlombaan  dipertandingkan di antaranya perlombaan membuat orang-orangan sawah, perlombaan sarat-sarat, memasak keong sawah, jalan meniti bambu, tarik tambang lumpur, tangkap lele serta pameran UMKM. Jadi sebenarnya konteksnya hari kemerdekaan, semuanya kita bergembira dengan memberikan dan menyediakan banyak hadiah," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat