visitaaponce.com

Peresmian Jalan Tol Indrapura Tunggu Jadwal Presiden Jokowi

Peresmian Jalan Tol Indrapura Tunggu Jadwal Presiden Jokowi
Ruas tol Indralaya - Prabumulih sudah siap beroperasi.(Dok Hutama Karya.)

MESKI sudah selesai pengerjaan konstruksinya, namun jalan tol Trans Sumatra ruas Indralaya- Prabumulih (Indraprabu) belum resmi dibuka secara penuh.

Tol sepanjang 64,5 kilometer itu pernah dibuka secara fungsional pada musim mudik lebaran yang lalu, dan rencananya akan dioperasionalkan pada September depan.

Saat ini, Hutama Karya masih menunggu jadwal Presiden RI Joko Widodo yang akan meresmikan jalan tol tersebut. Namun menanti jadwal Presiden RI, jalan tol tersebut akan dibuka lebih dulu sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat. "Untuk recana pengoperasiannya akan dimulai September mendatang," ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo.

Baca juga : Tol Lingkar Pekanbaru Mulai Dibangun, Riau bakal Jadi Episentrum Sumatra

Pihaknya telah mendapat sertifikat laik operasi pada Juli lalu dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR "Selama masa sosialisasi di September nanti, pelintas belum dikenakan tarif," ucapnya.

Tjahjo mengatakan  jalan tol Indraprabu ini punya dua simpang susun lalu juga ada 18 jembatan dan 2 rest area serta SPBU. "Fasilitas jalan tol ini sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditentukan. Salah satunya ada rest area di Km 65 Jalur A dan B," jelas Tjahjo.

Baca juga : Jokowi akan Resmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung

Diakuinya, jalan tol ini dirancang untuk bisa dilintasi kendaraan dengan kecepatan 100 km/jam. Dengan beroperasinya jalan tol Indraprabu ini, jarak tempuh dari Palembang ke Prabumulih hanya sekitar 1 jam saja atau lebih cepat sekitar 1 jam kalau melewati jalan lintas Sumatra. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat