visitaaponce.com

450 Seniman akan Ramaikan Jifest 2023

450 Seniman akan Ramaikan Jifest 2023
Tari tradisional jaran kepang akan ditampilkan di Jifest 2023.(ANTARA/ANIS EFIZUDIN)

SEBANYAK 450 orang seniman dari 21 kelompok seni dijadwalkan tampil di Java International Festival Temanggung (Jifest) 2023. Agenda tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (25/8) di Alun-Alun Temanggung, Jawa Tengah.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Temanggung itu menurut Koordinator Acara Jifest, Suroyo merupakan upaya membangkitkan kembali kesenian di daerah itu pasca pandemi covid-19.

"Jifest 2023 ini sebagai salah satu langkah perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan kekayaan potensi kebudayaan sekaligus sebagai upaya pemajuan kebudayaan " katanya, Jumat (25/8).

Baca juga: Ganjar Targetkan Kopi Temanggung Go Internasional

Dari 21 kelompok seni yang terlibat, di dalamnya ada kelompok kesenian dari luar daerah, seperti grup tari soreng dari Kabupaten Magelang, dolalak dari Purworejo, lengger dari Cilacap dan Wonosobo. Serta kolaborasi Sanggar Art Turah Solo.

"Lainnya yang tampil dari kesenian tari tradisional kelompok kesenian asal Temanggung, seperti jaran kepang, bangilun, warokan, topeng ireng, dan kubro siswo. Beberapa seniman dari Ekuador dan Jepang juga rencananya akan ikut tampil," katanya.

Baca juga: Gabungan Seniman Indonesia Gelar Negeri Merdeka Menari

Suoyo berharap Jifest 2023 dapat membuat Temanggung lebih dikenal dengan budaya yang dimilikinya. Kesenian yang ada di Temanggung juga akan memiliki kualitas lebih baik dan mampu bersaing sehingga diharapkan bisa membawa nama baik daerah. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat