visitaaponce.com

Baterai Bekas Ponsel Meledak, TPA Nangkaleah Tasikmalaya Kebakaran

Baterai Bekas Ponsel Meledak, TPA Nangkaleah Tasikmalaya Kebakaran
Petugas pemadam kebakaran terus berupaya memadamkan api di TPA Nangkaleah di Kampung Cioray, Mangunerja, Tasikmalaya.(MI)

SELUAS delapan hektare Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nangkaleah di Kampung Cioray, Desa Sukasukur, Kecamatan Mangunerja, Kabupaten Tasikmalaya, terbakar. Kebakaran tersebut, disebabkan dari sebuah baterai ponsel bekas yang meledak.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tasikmalaya, Asep Taufiqurohman mengatakan, musim kemarau yang terjadi di berbagai daerah menyebabkan lahan seluas 8 hektare di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nangkaleah lebih mudah mengalami kebakaran. Meledaknya baterai ponsel menyebabkan kebakaran yang kemudian sulit diatasi akibat cuaca panas dan kering.

"Kebakaran TPA Nangkaleah tidak ada unsur kesengajaan karena penyebab meledaknya itu dari baterai ponsel bekas diduga dipicu suhu yang panas pada musim kemarau. Namun, kejadian ini tidak hanya faktor suhu tapi juga adanya gas berkumpul dari tumpukan sampah dengan jumlah sampah mudah terbakar tapi petugas berhasil memadamkannya," katanya, Minggu (27/8).

Baca juga: Kebakaran Melanda di Jakut, Satu Keluarga Meninggal Dunia

Ia mengatakan, petugas pemadam kebakaran berhasil mengatasi kobaran api yang langsung menerjunkan tiga unit armada pemadam yang membawa air sebagai cadangan. Karena, dari sampah yang dibuang masyarakat selama ini mudah terbakar dan risiko ini diperburuk oleh keberadaan gas dari tumpukan sampah tetapi selama ini petugas masih melakukan proses pendinginan.

"Petugas Damkar sekarang masih melakukan proses pendinginan lahan di TPA Nangkaleah mengingat kondisi cuaca sejak siang sangat panas dan antisipasi itu dilakukan supaya tak terjadi kebakaran susulan," ujarnya.

Baca juga: 284 Ribu Liter Air Dijatuhkan ke Titik Api TPA Sarimukti

Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya mengatakan, kebakaran di TPA Nangkaleah yang terjadi tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka dan upaya pemadaman melibatkan petugas pemadam kebakaran, Tagana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI dan Polisi.

"Berdasarkan laporan kebakaran di area TPA Nangkaleah terjadi dari sampah baterai ponsel yang meledak dan tumpukan sampah terdapat gas yang mudah menyalakan api ditambah cuaca panas. Kebakaran di TPA Nangkaleah sudah bisa dipadamkan, dan petugas masih terus siaga untuk mengantisipasi kejadian serupa," paparnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat