visitaaponce.com

284 Ribu Liter Air Dijatuhkan ke Titik Api TPA Sarimukti

284 Ribu Liter Air Dijatuhkan ke Titik Api TPA Sarimukti
Upaya pemadaman kebakaran di TPA Sarimukti terus dilakukan.(MGN)

HINGGA kini, petugas gabungan masih berkonsentrasi dalam memadamkan kebakaran TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, yang sudah memasuki hari ke-8, pada Sabtu (26/8).

Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan helikopter water boombing. Sejak Jumat (26/8), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengerahkan helikopter untuk melakukan water bombing.

Water bombing merupakan cara memadamkan api yang dilakukan dengan menurunkan air secara langsung dari helikopter ke wilayah dengan titik api. Total sudah 284 ribu liter air dijatuhkan ke titik titik bara api.

Baca juga : BNPB Lakukan Water Bombing Padamkan Api di TPA Sarimukti

Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayor Jenderal TNI Fajar Setyawan, mengatakan pihaknya menurunkan 1 unit helikopter yang bolak-balik mengambil air dari waduk cirata.

Ia mengatakan targetnya adalah untuk memadamkan api hari ini. Namun bila memang tidak tercapai, pihaknya akan menurunkan unit helikopter tambahan dalam upayanya.

Baca juga : 200 Warga di TPA Sarimukti Sakit ISPA Gara-Gara Asap Kebakaran

Hingga kemarin, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengonfirmasi sudah ada 200 warga Sarimukti terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), akibat asap kebakaran TPA Sarimukti yang terjadi sejak 19 Agustus 2023 lalu. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat