visitaaponce.com

BNPB Lakukan Water Bombing Padamkan Api di TPA Sarimukti

BNPB Lakukan Water Bombing Padamkan Api di TPA Sarimukti
Petugas memadamkan api di TPA Sarimukti, Kamis (24/8).(AFP/Timur Matahari)

SEJAK 19 Agustus lalu, kebakaran di TPA Sarimukti masih belum dapat dipadamkan sepenuhnya. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter untuk melakukan water bombing pada Jumat (25/8).

Water bombing merupakan cara memadamkan api yang dilakukan dengan menurunkan air secara langsung dari helikopter ke wilayah dengan titik api.

Sejak sore hari, helikopter BNPB sudah beberapa kali menyiramkan air sebanyak 5.000 liter untuk memadamkan api di TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga : Petugas Evakuasi Balita yang Terkena ISPA karena Asap Kebakaran TPA Sarimukti

Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayor Jenderal TNI Fajar Setyawan, mengatakan pihaknya menurunkan 1 unit helikopter yang bolak-balik mengambil air dari waduk cirata.

Ia mengatakan targetnya adalah untuk memadamkan api hari ini. Namun bila memang tidak tercapai, pihaknya akan menurunkan unit helikopter tambahan dalam upayanya.

Baca juga : Operasional TPA Sarimukti di Cipatat Dihentikan karena Kebakaran Meluas

Hari ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengonfirmasi ada 200 warga Sarimukti terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), akibat asap kebakaran TPA Sarimukti yang terjadi sejak 19 Agustus 2023 lalu.

Gubernur mengatakan pihaknya akan memberi bantuan sembako dan kebutuhan lain bagi warga terdampak. Hal itu disampaikan RK kala meninjau TPA Sarimukti, Jumat (25/8).

"Pemprov Jabar juga menyiapkan dapur umum sejak hari ini, untuk 500 warga terdampak dan relawan," kata Ridwan Kamil.

Ia berharap semua berjalan baik, dengan tetap mengimbau masyarakat untuk bekerjasama, dan mewaspadai musim kemarau yang masih akan berlangsung sampai Oktober."Kejadian ini harus jadi pelajaran agar tidak kembali terulang," pungkasnya. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat