visitaaponce.com

Operasional TPA Sarimukti di Cipatat Dihentikan karena Kebakaran Meluas

Operasional TPA Sarimukti di Cipatat Dihentikan karena Kebakaran Meluas
Kebakaran di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (22/8).(MI/Depi Gunawan)

PENGELOLA TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat , Jawa Barat, memutuskan menghentikan operasional pembuangan sampah hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Keputusan itu terpaksa dilakukan lantaran risiko kebakaran gunungan sampah yang semakin besar. Saat ini petugas masih fokus melakukan pemadaman api yang sudah berlangsung sejak Sabtu (19/8) lalu.

"Operasional hari ini diberhentikan total, menunggu nanti perkembangan. Kalau misalkan api sudah padam baru kita operasional lagi. Jadi sekarang diberhentikan dulu sementara," kata Koordinator Pengelolaan TPA Sarimukti, Riswanto, Selasa (22/8).

Baca juga : Sarimukti, Nasibmu Kini

Jika sebelumnya titik api hanya membakar gunungan sampah di zona 4, dia mengatakan, kini kobaran api merembet hingga ke zona 3. Untuk proses pemadaman dikerahkan enam unit mobil pemadam.

Imbas dari peristiwa itu, satu unit alat berat ekskavator hangus terbakar saat digunakan membuat parit agar titik api tidak merambat ke lahan yang masih aman. "Karena apinya terlalu besar kemudian merambat ke alat berat. Di alat berat kan berisi solarnya dan olinya yang mana itu mudah terbakar," jelasnya.

Baca juga : Dua Helikopter Dikerahkan untuk Padamkan Kebakaran di TPA Sukawinatan

Berhentinya operasional pelayanan pembuangan sampah di TPA Sarimukti juga berdampak pada para pemulung yang biasa mencari rezeki di tempat itu. Sekitar 400 orang pemulung diminta menjauh dari area TPA untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Sudah kami instruksikan mereka menjauh dulu sementara waktu," ucapnya.


Penyebab kebakaran

Komandan Regu Damkar Poswil Cikalongwetan, Yadi Supriadi mengungkapkan,penyebab besarnya kobaran api di TPA Sarimukti lantaran material sampah dalam kondisi kering, serta tiupan angin kencang. Ditambah mayoritas sampah plastik yang mudah terbakar sehingga api tetap menyala meski dibawah timbunan sampah.

"Angin besar ditambah sampah plastik kering makin memudahkan api merembet. Kita minta bantuan dikerahkan seluruh Damkar di Bandung Raya," bebernya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat