visitaaponce.com

Warga Pidie Serahkan 2 M16 Sisa Konflik Aceh

Warga Pidie Serahkan 2 M16 Sisa Konflik Aceh
Dua senjata api laras panjang jenis M-16 sisa masa konflik Aceh. (DOK IST)

SEORANG warga Kabupaten Pidie, Aceh, menyerahkan dua senjata api (senpi) laras panjang jenis M-16 sisa masa konflik Aceh ke Polda Aceh. Dirkrimsus Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan penyerahan senjata itu dilakukan setelah polisi melakukan sosialisasi tambang ilegal di Pidie.

"Benar ada tokoh masyarakat di Pidie yang dengan kesadaran sendiri menyerahkan dua pucuk senpi laras panjang jenis M-16," kata Winardy, Kamis (7/9).

Pihaknya menerangkan, salah satu senpi telah dimodifikasi, dan memiliki 3 magasin, serta 55 butir peluru kaliber 7,62 mm dan 15 butir peluru kaliber 5,56 mm.

Baca juga: Wakil Ketua MPR Ajak Mahasiswa USK Pelajari Sejarah Aceh

Menurut Winardy, dirinya didampingi Kasubdit Tipidter AKB Muliadi awalnya melakukan sosialisasi pencegahan tambang ilegal, karhutla, dan soal keamanan jelang Pemilu 2024. Kegiatan yang dihadiri warga itu digelar di Aula Kantor Camat Geumpang, Pidie akhir bulan lalu.

"Kemudian seorang warga menjumpai saya dan menyampaikan keinginannya untuk menyerahkan senjata api. Penyerahan senjata laras panjang itu juga disebut untuk menjaga situasi keamanan menjelang Pemilu," ungkapnya.

Keduanya lalu menyepakati satu lokasi sebagai tempat penyerahan senjata. Winardy dan Kasubdit Tipidter menuju lokasi dan pria yang meminta identitasnya dirahasiakan itu menyerahkan senjata lengkap dengan amunisi.

Baca juga: Pengamat : Pemerintah dan KKB Perlu Segera Lakukan Gencatan Senjata

"Tokoh masyarakat itu mengungkapkan keyakinannya dan kesadarannya kepada saya untuk menyerahkan senjata tersebut. Mungkin, dia tergugah hatinya saat kami menyampaikan peran penting masyarakat dalam menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga merasa itu adalah saat yang tepat dia menyerahkannya," jelasnya. (Z-6)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat