visitaaponce.com

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan Peserta Klaten Gladiator Championship

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan Peserta Klaten Gladiator Championship
Klaten Gladiator Championship(MI/Djoko Sardjono)

KANTOR Cabang BPJS Ketenagakerjaan Klaten, Jawa Tengah, memberikan perlindungan atlet bela diri yang berlaga di Klaten Gladiator Championship 2023. Kegiatan ini diselenggarakan di aula Terminal Ir Soekarno Klaten, Minggu (10/9).

Klaten Gladiator Championhip 2023 digelar Satpol PP bekerja sama Han Academy MMA (Mixed Martial Art) Klaten. Kejuaraan bela diri campuran ini diikuti sekitar 135 atlet dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Klaten, Heru Siswanto, diwakili Arista Nur Cahya (Kepala Bidang Umum dan SDM) mengatakan BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk perlindungan atlet yang bertarung di Klaten Gladiator Championship.

Baca juga : Baznas Klaten Gelar Sosialisasi Bantuan RTLH dan Jambanisasi Masyarakat Miskin

"BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk melindungi atlet jika terjadi risiko, misal mengalami kecelakaan atau meninggal dalam melakukan pekerjaan sebagai atlet," jelasnya kepada Media Indonesia di sela kegiatan kejuaraan olahraga tersebut.

Ketika bertanding mengalami luka, patah tulang, atau bahkan sampai meninggal dunia akibat kecelakaan kerja itu tercover BPJS Ketenagakerjaan. Biaya perawatan dan pengobatan diberikan sampai yang bersangkutan sembuh dan tidak ada batasnya.

Baca juga : Peparprov Jateng IV, NPCI Klaten Targetkan Masuk Lima Besar

"Jadi, untuk perawatan dan pengobatan atlet yang mengalami kecelakaan saat mengikuti Klaten Gladiator Championship, dibiayai sampai sembuh dan tidak dibatasi flavonnya. Dalam hal ini, tentu yang bersangkutan masih membayar iuran," jelasnya.

Menurut Arista, peserta Klaten Gladiator Championship didaftarkan panitia untuk dua program BPJS Ketenagakerjaan, yakni jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM). Mereka didaftarkan sebagai peserta sebelum bertanding.

Sementara itu, Kasatpol PP Pemkab Klaten Joko Hendrawan, mengatakan kegiatan Klaten Gladiator Championship digelar dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2023. Kejuaraan olahraga beladiri ini diikuti 135 atlet dari berbagai daerah.

Klaten Gladiator Championship bertujuan mengangkat bakat olahraga beladiri generasi muda, serta mempersatukan perguruan silat. Cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni MMA (mixed martial arts), jiujitsu, kick boxing, dan silat bebas.

"Karena dalam kejuaraan olahraga beladiri campuran ini rawan kecelakaan, maka panitia bekerja sama BPJS Ketenagakerjaan Klaten.  Jadi, seandainya atlet mengalami kecelakaan sudah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan," ujar Joko Hendrawan.

Terkait, Ketua Panitia Klaten Gladiator Championship 2023, Irawan Guntur Ariaputra, menambahkan bahwa pertandingan olahraga beladiri campuran ini untuk mewadahi anak-anak yang suka melakukan kekerasan atau berkelahi di jalan.

"Ya, kegiatan ini untuk menyalurkan bakat olahraga beladiri generasi muda di tempat yang tepat, yakni Klaten Gladiator Championship, serta untuk meningkatkan prestasi dan menjaring bakat beladiri generasi muda Klaten  khususnya," ungkapnya. (Z-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat