visitaaponce.com

Baznas Klaten Gelar Sosialisasi Bantuan RTLH dan Jambanisasi Masyarakat Miskin

Baznas Klaten Gelar Sosialisasi Bantuan RTLH dan Jambanisasi Masyarakat Miskin
Sosialisasi bantuan RTLH dan jambanisasi masyarakat miskin oleh Baznas Klaten.(MI/Djoko Sardjono.)

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyelenggarakan sosialisasi rencana penyaluran (pentasyarupan) bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) dan jambanisasi untuk warga masyarakat miskin. Sosialisasi yang diselenggarakan di RM Mayar, Rabu (6/9), dihadiri Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Klaten Ardani, Kepala Kantor Kementerian Agama Hariyadi, Ketua Baznas Klaten Muchlis Hudaf, serta para camat dan kepala desa di Klaten.

Ketua Baznas Kabaupaten Klaten, Muchlis Hudaf, mengatakan kegiatan sosialisasi ini dalam rangka penyaluraan atau pendistribusian bantuan RTLH dan jambanisasi untuk warga masyarakat miskin di 22 kecamatan dan 55 desa di Kabupaten Klaten 2023. Baznas Kabupaten Klaten tahun ini menyalurkan bantuan RTLH untuk 100 unit dan 156 jamban warga miskin di 22 kecamatan yang meliputi 55 desa. 

Untuk bantuan RTLH Rp12 juta per unit dan jamban per unit Rp2,5 juta. Jumlah bantuan total Rp1,6 miliar.

Baca juga: Peparprov Jateng IV, NPCI Klaten Targetkan Masuk Lima Besar

"Baznas Klaten juga membantu masyarakat miskin melalui pelatihan menjahit, membatik, laundry syariah, tata boga, dan bantuan ternak. Adapun pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) sampai Agustus 2023 Rp4,357 miliar," kata Muchlis Hudaf.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bagian Kesra Ardani, Bupati Sri Mulyani menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Baznas Klaten atas bantuan penanganan RTLH dan jambanisasi masyarakat miskin. "Program Baznas Klaten patut kita apresiasi. Ini karena lembaga nonpemerintah tersebut tidak hanya fokus dalam penghimpunan zakat, tetapi juga mendistribusikan zakat secara tepat sasaran dan memberi manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Baca juga: Kekeringan Akibat El Nino di Klaten Meluas Hingga 13 Desa

Perhatian Baznas Klaten terhadap penanganan RTLH dan jambanisasi dapat menggerakkan stakeholders terkait, baik unsur pemerintah, ASN, BUMD, maupun nonpemerintah untuk bekerja sama menuntaskan masalah kemiskinan di Klaten. "Saya atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Klaten serta jajaran atas pelaksanaan program dan pendistribusian bantuan yang bermanfaat bagi warga masyarakat Kabupaten Klaten," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat