visitaaponce.com

Petani Tomat di Flotim Gagal Panen Akibat Kemarau Panjang

Petani Tomat di Flotim Gagal Panen Akibat Kemarau Panjang
Matias Tadon Baowolo petani Desa Painapang Dusun welo sedang panen tomat yang rusak.(MI/Fransiskus Gerardus Molo )

MUSIM kemarau panjang akibat El nino yang melanda seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur berdampak pada perkebunan tomat di Kabupaten Flores timur. Sejumlah Petani di flores timur merugi akibat gagal panen.

Pantauan Media Indonesia di perkebunan tomat Desa Painapang, Dusun Welo Kecamatan lewolema dan Desa Tiwatobi Kacamatan Ile Mandiri ratusan petak tanaman tomat petani rusak. Selain pohon yang mengering, buah tomatnya juga membusuk.

“Hampir semua tomat di perkebunan ini rusak. Makanya tidak dipanen. Otomatis rugi lah,” kata salah satu petani Matias Tadon Baowolo ditemui di Dusun Welo, senin (11/9). Menurutnya, pohon hingga buah tomat yang rusak akibat kekeringan dampak dari kemarau yang sudah berlangsung beberapa pekan di Flores Timur. 

Baca juga: Petani Tomat di Palu Merugi Akibat Kemarau

“Biasanya tomat ini tahan panas, tapi Kemungkinan karena terpapar langsung matahari akibat kemarau panjang makanya rusak seperti itu tomatnya,“ ya Mau tidak mau hanya sebagian lahan saja yang kami panen. Kalau ditanya rugi, pasti kami rugi, namun kami tetap bersyukur,” imbuhnya.

Salah satu petani lainnya asal desa Tiwatobi Frans Hewen mengatakan, tomat yang ditanamnya tidak bisa dipanen karena rusak.

Baca juga: Sistem Tumpang Sari Timun Baby Menguntungkan Petani

"Tomat saya itu tiba-tiba saja berganti warna mejadi hitam dan ranting dan pohon tiba tiba mengering Kemungkinan karena terpapar langsung matahari akibat kemarau panjang," ungkapnya. 

Frans Hewen dan petani lainnya berharap, musim kemarau yang meluas ini bisa kembali normal sehingga mereka tidak mengalami gagal panen lagi. “Semoga kemarau ini tidak berkepanjangan,” tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat