visitaaponce.com

Naik Lagi, Harga Tomat Sudah Rp22 Ribu per Kg

Naik Lagi, Harga Tomat Sudah Rp22 Ribu per Kg
HARGA tomat di Palu, Sulawesi Tengah, naik lagi.(Antara/Asep Fathulrahman)

HARGA tomat di Palu, Sulawesi Tengah, naik lagi. Salah satu pedagang, Andirati mengatakan, harga tomat sudah Rp22 ribu per kilo gram (kg) dari harga sebelumnya Rp20 ribu per kg.  

"Naik Rp2 ribu harganya. Sudah tiga hari ini naik lagi harganya," terangnya kepada Media Indonesia di Pasar Tradisional Inpres Manonda (PTIM) Palu, Minggu (7/1). 

Menurut Andirati, harga tomat terpaksa dinaikkan karena modal pembelian pedagang ke pengepul sudah lebih dulu naik. Oleh karena itu, agar tidak merugi pedagang sepakat menaikkan harga. "Modal di tingkat pengepul sekarang sudah Rp21 ribu per kg. Kami cuma ambil untung Rp1.000 per kgnya. Masih terhitung wajar lah," imbuhnya.  

Baca juga : Semakin Mahal, Harga Telur Ayam di Palu Rp3 Ribu per Butir

Pedagang lainnya, Muh Rusli menambahkan, selain modal pedagang yang tinggi, pasokan pengepul masuk ke pasar juga berkurang seiring belum masuknya masa panen sejumlah petani.  

"Teman-teman pengepul bilang kalau petani masih banyak yang menunggu panen, makanya pasokan masuk ke pasar berkurang," ungkapnya.  

Rusli menilai, ketika panen tiba dan pasokan kembali melimpah masuk ke pasar, harga tomat pasti turun.  

"Ini harga sudah mahal sekali, karena biasa hanya naik sampai Rp15 ribu per kg. Semoga saja beberapa hari ke depan harganya sudah berangsur turun," tandasnya. (Z-4) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat