visitaaponce.com

Harga Beras Medium dan Premium di Cianjur Terus Naik

Harga Beras Medium dan Premium di Cianjur Terus Naik
Harga beras terus naik(Antara)

HARGA komoditas beras di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berangsur naik. Kondisinya dipicu faktor cuaca yang menyebabkan daerah-daerah sentra mengalami gagal panen.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Kabupaten Cianjur, Komarudin, menyebutkan pekan ini harga beras mediumrata-rata di kisaran Rp12.400 perkilogram (kg) dari sebelumnya kisaran Rp11.300/kg. Sedangkan beras medium dari sebelumnya Rp12.300/kg naik menjadi Rp13.200 per kg.

"Untuk yang medium penaikannya sebesar Rp1.100 per kg dan premium Rp900/kg. Ini disebabkan faktor cuaca yang mengakibatkan gagal panen," kata Komarudin kepada Media Indonesia, Senin (10/9).

Baca juga: Pemerintah Didorong Percepat Intervensi Terkait Harga Beras

Upaya pengendalian pun mulai dibahas secara lintas sektoral. Komarudin menuturkan pada Senin (10/9) digelar rapat koordinasi terbatas dengan melibatkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) serta Perum Bulog.

"Kalau dari harga, khususnya beras, memang ada kenaikan. Tapi secara umum, stok pangan di Kabupaten Cianjur masih cukup aman bahkan cenderung surplus," ucapnya.

Baca juga: Wakil Bupati Klaten Luncurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah

Pada kesempatan rapat koordinasi terbatas itu, kata Komarudin, dibahas juga mengenai bantuan beras bagi warga miskin. Bantuannya berasal dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

"Untuk Kabupaten Cianjur kuotanya sebanyak 8.347.822 ton. Bantuannya untuk 273.593 KPM (keluarga penerima manfaat) berdasarkan DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial) yang dikeluarkan Kementerian Sosial," terang Komarudin.

Alokasi bantuannya diberikan untuk 6 bulan. Untuk alokasi Mei, Juni, dan Agustus sudah disalurkan kepada para KPM.

"Berarti nanti akan diberikan untuk alokasi September, Oktober, dan November," ungkapnya.

Bantuan juga akan diberikan bagi keluarga yang memiliki anak tengkes (stunting). Di Kabupaten Cianjur terdapat 39.572 orang keluarga penderita tengkes yang akan mendapatkan bantuan. "Untuk keluarga yang anaknya menderita stunting akan ditambah 10 butir telur dan 1 ekor ayam seberat 0,9 kilogram," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat