visitaaponce.com

Pertamina Teliti Menyeluruh Air yang Tercemar di Kediri

Pertamina Teliti Menyeluruh Air yang Tercemar di Kediri
Ilustrasi air terkontaminasi(Antara)

Pertamina Patra Niaga meresponi cepat dugaan kebocoran bahan bakar minyak (BBM) yang mencemari air sumur warga di RT 05 RW 02 Kelurahan Tempurejo, Kota Kediri, Jawa Timur. Perseroan langsung menurunkan tim untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh.

"Sebelumnya kami telah melakukan pengetesan di sumur tersebut dengan DLHK Kota Kediri, namun hasilnya nihil cemaran minyak. Oleh karena itu, kami minta persetujuan warga untuk dilakukan penelitian menyeluruh terhadap sumur Ibu Sulastri dan disaksikan oleh seluruh warga," ujar Section Head Communication Relation Patra Niaga Jatimbalinus Taufiq Kurniawan di Kediri, Jawa Timur, Senin.

Selama proses pengujian tersebut, Pertamina juga mengosongkan tangki SPBU Tempurejo, Kota Kediri. Warga yang selama ini biasa membeli di SPBU tersebut diimbau untuk membeli bahan bakar di SPBU lainnya.

Baca juga: Pertamina bakal Hapus Pertalite di 2024

"Selama proses pengujian tersebut, secara paralel juga akan dilakukan pengosongan tangki SPBU Tempurejo. Kami mohon maaf kepada seluruh warga masyarakat yang hendak isi BBM, bisa mengisi di SPBU terdekat lainnya," sambungnya.

Ia juga memastikan, jika cemaran betul akibat kebocoran pipa SPBU, Pertamina Patra Niaga akan memberi kompensasi yang terbaik bagi warga.

Baca juga: Jenis Bahan Bakar Kendaraan dan Peruntukannya

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Kediri Ashari memberikan apresiasi langkah Pertamina yang telah ditunggu oleh warga.

"Hari ini atas kehendak warga dilakukan pengujian lanjutan khusus sumur Ibu Sulastri dan bantuan air akan dilanjutkan oleh Pertamina secara bertahap. Memang warga semula agak ketakutan, karena takut menghilangkan bukti, namun setelah diyakinkan Pertamina bahwa ini untuk keperluan pengujian dan dijamin keamanannya, kami meyakinkan kepada warga," ucap Ashari.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 14 sumur warga di Kelurahan Tempurejo, Kota Kediri, diduga tercemar. Terdapat satu sumur yang kondisinya cukup parah yakni di rumah Sulastri. Air di sumur itu bercampur dengan minyak, bahkan bisa menyala jika tersulut api. (Ant/Z-11) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat