visitaaponce.com

Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti, Pemprov Jawa Barat Siapkan Rp5,8 Miliar

Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti, Pemprov Jawa Barat Siapkan Rp5,8 Miliar
PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.(MGN)

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat mengambilalih upaya pemadaman kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. Penjabat Gubernur Bey Machmudin menyatakan akan menyalurkan dana Rp5,8 miliar untuk penanganan kebakaran.

"Sebelumnya, Jabar sudah menyalurkan Rp1 miliar untuk membantu pemadaman. Setelah Pemkab Bandung barat menyatakan tidak memperpanjang status tanggap darurat bencana, penanganan kebakaran kita ambil alih," ujar Bey, saat mengunjungi TPA Sarimukti, Selasa (12/9).

Dia mengatakan dengan status tanggap darurat di pemerintah provinsi, porsi dan kewenangan dalam penanganan menjadi setingkat lebih tinggi. Anggaran yang disiapkan bisa digunakan untuk bantuan tanggap darurat, sehingga bisa lebih cepat bergerak.

Baca juga : Status Darurat Kebakaran TPA Sarimukti Berakhir, Selanjutnya Diserahkan ke Pemprov Jabar

Berdasarkan Keputusan Gubernur tentang kedaruratan, penanganan kedaruratan kebencanaan TPA Sarimukti berlaku 12-25 September 2023. Di dalamnya ada beberapa tim yang akan menangani bencana.

Struktur organisasi untuk tim penanganan kedaruratan kebencanaan sudah disusun melibatkan semua pihak yang pasti dari pemprov, BPBD, TNI, kepolisian, dinas sosial, dinas kesehatan dan aparat setempat.

Baca juga : Semua TPS Sampah di Kota Bandung Dalam Kondisi Overload

Penanganan kebencanaan dibagi kewenangannya. BPBD berperan dari sisi kebakarannya, sedangkan DLH Jabar akan fokus pada pengelolaan sampah dari Bandung Raya.

"Kita ingin pemadaman bisa terjadi dalam dua minggu ini, dengan upaya bersama," tandasnya.

Bey mengungkap ada cara lain yang akan diupayakan setelah upaya pemadaman konvensioal dan water bombing tak berhasil, yakni pemadaman menggunakan lumpur. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat