visitaaponce.com

Tamsil Linrung di Balik Konsolidasi Anies-Muhaimin di Makassar

Tamsil Linrung di Balik Konsolidasi Anies-Muhaimin di Makassar
Tamsil Linrung (kanan) bersama Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, dan Ahmad Ali menyapa peserta jalan di Makassar, Sulsel.(MI/ABW/Khairuddin Safri.)

KONSOLIDASI akbar pendukung capres dan cawapres bertajuk Jalan Gembira bersama Anies-Muhaimin menuai sukses besar. Lebih dari satu juta orang tumpah ruah memenuhi jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (24/9).

Tamsil Linrung merupakan sosok di balik peristiwa politik terbesar yang pernah terjadi di Sulsel tersebut. Ia anggota Dewan Perwakikan Daerah (DPD) dari daerah pemilihan Sulsel yang kembali maju pada pemilu 2024. Sebelumnya, inisiator Posko Pilihan Rakyat (PPR) ini duduk di Dewan Perwakikan Rakyat (DPR) selama tiga periode.

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Tamsil Linrung merupakan politikus kawakan yang punya kemampuan sebagai solidarity makers. "Peristiwa hari ini membuktikan kapasitas Pak Tamsil Linrung sebagai kekuatan perekat. Beliau sosok yang diterima dan mampu berkomunikasi dengan semua kalangan," terangnya dalam keterangan tertulis, Senin (25/9/2023).

Baca juga: Kabut Asap Serang Kota Banjarmasin

Menurut CEO Voxpol Center itu, pasangan Anies-Muhaimin diuntungkan dengan tampilnya figur mumpuni seperti Tamsil Linrung yang piawai menyatukan semua komponen pendukung. Sebab salah satu tantangan menjaga stamina elektabilitas dalam kontestasi yang panjang ialah soliditas koalisi, baik dari unsur parpol maupun relawan dan  tokoh-tokoh masyarakat.

"Saya memantau aktivitas Anies-Muhaimin dalam beberapa hari di Sulsel juga banyak didukung oleh tokoh-tokoh lokal, termasuk pengusaha. Pak Tamsil memberikan ruang kepada semua. Tidak mendominasi. Hal itu menunjukkan kematangan leadership," imbuhnya. 

Baca juga: Diiming-imingi IPhone, ASN di NTT Dijebak Jadi Pengedar Sabu

Pangi berpandangan Tamsil Linrung ialah the next Jusuf Kalla yang dikenal sebagai politikus kawakan dari Sulsel. "JK politisi senior yang punya endurance kuat di panggung nasional. Kita melihat sosok Tamsil Linrung memenuhi kriteria tersebut. Pak Tamsil juga dekat dengan para petinggi di berbagai parpol," papar Pangi. 

Mengenai kans pasangan Anies-Muhaimin mengunci kemenangan di Sulsel, Pangi mengemukakan analisisnya. "Ada enam jutaan daftar pemilih tetap di Sulsel. Sesuai klaim bahwa hari ini hadir satu juta pendukung berkumpul di Makassar, berarti itu angka yang tidak kecil. Artinya, tanda-tanda kemenangan pasangan ini di Sulsel bukan sesuatu yang sulit untuk diraih. Apalagi tidak ada kandidat yang mampu mengumpulkan massa sebanyak itu," pungkas Pangi. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat