visitaaponce.com

Kabut Asap Serang Kota Banjarmasin

Kabut Asap Serang Kota Banjarmasin
Ilustrasi kabut asap akibat karhutla.(ANTARA/NOVA WAHYUDI)

KUALITAS udara sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan semakin memburuk akibat serangan kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tersebut. Udara Kota Banjarmasin saat ini masuk kategori tidak sehat akibat kabut asap.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Dwi Naniek pada Senin (25/9) mengatakan kabut asap yang menyelimuti udara Kota Banjarmasin merupakan kiriman dari daerah tetangga yang mengalami karhutla.

"Parameter PM2,5 pada ISPU Kota Banjarmasin berada pada level kuning atau tidak sehat dengan angka di atas 100 dan PM10 pada level biru (sedang)," ungkapnya.

Baca juga: Akibat Kabut Asap, Jam Masuk Sekolah di Ogan Ilir Disesuaikan

Sementara parameter NO2, O3, CO dan SO2 masih berada pada level hijau atau baik. Terkait hal ini pihaknya menghimbau agar masyarakat Kota Banjarmasin selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Selain Kota Banjarmasin, kualitas udara Kota Banjarbaru, ibu kota Provinsi Kalsel juga berada pada level tidak sehat sejak sepekan terakhir. Maraknya karhutla yang melanda kawasan lahan gambut menimbulkan kabut asap pekat di wilayah tersebut.

Kabut asap juga berdampak pada meningkatnya penyakit ISPA dan terganggunya transportasi terutama jadwal penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru. Kabut asap pekat terjadi pada malam hingga pagi menjelang siang.

Baca juga: Aset Bandar Narkoba Internasional Fredy Pratama di Banjarmasin Disita Bareskrim

Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Pengendalian Lingkungan DLH Kota Banjarbaru Shanti Eka Septiani mengatakan terkait semakin memburuknya kualitas udara ini,  Pemkot Banjarbaru telah mengimbau warga untuk menggunakan masker bila beraktivitas di luar rumah.

"Apabila beraktivitas di luar rumah jangan terlalu lama, terutama untuk kelompok masyarakat yang sensitif seperti penderita asma/paru dan lansia. Juga menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin," ujarnya.

Kalsel merupakan satu dari enam provinsi terparah karhutla meliputi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat