visitaaponce.com

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Triksakti Banjarmasin

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Triksakti Banjarmasin
KSOP Kelas I Banjarmasin memprediksi jumlah pemudik tahun 2024 meningkat hingga 17% dibanding tahun sebelumnya.(MI/Denny)

JELANG Idul Fitri 1445 hijriah jumlah pemudik tujuan Pulau Jawa yang menggunakan jasa kapal laut mulai memadati pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan memprediksi jumlah pemudik tahun 2024 meningkat hingga 17% dibanding tahun sebelumnya.

"Dalam sepekan terakhir H-15 hingga H-9 jumlah penumpang baik yang datang maupun yang berangkat tujuan Surabaya mulai meningkat dibandingkan hari biasa," tutur Kasubbag Umum dan Hubungan Masyarakat KSOP Kelas I Banjarmasin Deni Hendra Mulyadi, Selasa (2/4).

Tercatat ada 9.655 orang penumpang dan 2.222 buah kendaraan yang berangkat dari pelabuhan Trisakti Banjarmasin tujuan Surabaya pada periode H-15 hingga H-9. Dibanding periode yang sama tahun 2023 sebanyak 6.657 penumpang dan 1.789 kendaraan.

Baca juga : Potensi Perputaran Uang selama Libur Idul Fitri 1445 H Capai Rp157 Triliun

Lonjakan penumpang ini disebabkan beberapa faktor, antara lain semakin baiknya layanan, meningkatnya kapasitas penumpang, dan harga tiket kapal yang lebih terjangkau dibanding pesawat.

Deni juga mengungkapkan saat ini banyak pemudik yang memilih pulang lebih awal. Tercatat dalam dua pekan terakhir jumlah pemudik hampir 16.000 orang. 

"Hari ini tanggal 2 April ada dua kapal berangkat yaitu Dharma Rucita dan Hai Da. Sedangkan besok juga dua kapal Dharma Kartika II dan Mila Utama," tambah Deni.

Baca juga : Ganjil-genap Berlaku Selama Mudik Lebaran 2024, Ini Detailnya

KSOP Banjarmasin telah membuka Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran 2024 yang berlangsung selama satu bulan mulai pada 26 Maret hingga 26 April 2024. Sejauh ini penyelenggaraan pos angkutan laut di Pelabuhan Trisakti berjalan lancar dan tertib.

Sementara, lonjakan penumpang juga mulai terjadi di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Iwan Risdianto mengatakan sampai H-10 jumlah penumpang tiba di Kalsel sebanyak 29.327 orang dan berangkat 36.432 orang.

Pihak memprediksi kenaikan penumpang selama arus mudik lebaran mencapai 6% dibanding lebaran tahun lalu atau sekitar 150.000 orang yang akan melakukan mudik lebaran baik berangkat maupun datang ke Kalsel. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat