visitaaponce.com

Kota Palembang Masih Terapkan Sekolah Daring Dampak Kabut Asap

Kota Palembang Masih Terapkan Sekolah Daring Dampak Kabut Asap
Masih buruknya kualitas udara di Palembang membuat Pemkot masih menerapkan sekolah daring.(Antara)

PEMERINTAH Kota Palembang masih menerapkan kegiatan belajar daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal itu mengingat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Palembang masih dalam ketegori sangat tidak sehat.

Penjabat Walikota Palembang, Ratu Dewa, pihaknya masih menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring selama ISPU belum menunjukkan kategori sehat.

"Kalau ISPU sudah membaik kita akan sesuaikan lagi, kegiatan belajar mengajar dengan normal atau offline. Namun untuk saat ini kita masih berlakukan daring," kata dia, Senin (9/10).

Baca juga : Kabut Asap Kian Parah, Hari Ini Sekolah di Riau Belajar Daring

Ratu menjelaskan Pemkot Palembang masih berkoordinasi dengan pihak terkait soal kapan waktu pembelajaran online tak lagi diterapkan. Sebelumnya, sistem belajar dalam jaringan atau daring diberlakukan sejak Senin (2/10). Namun kebijakan tersebut menuai pro dan kontra di kalangan tenaga pendidik, wali murid, bahkan siswa bersangkutan.

"Sampai kapan pembelajaran daring, dan libur anak sekolah sampai kapannya, kita lihat dulu berdasarkan laporan ISPU di Palembang," kata dia.

Apabila Pemkot Palembang memastikan ISPU sudah membaik, selanjutnya ada pengumuman yang diinfokan lewat Surat Edaran (SE) terkait jadwal masuk sekolah. "Kalau ISPU sudah membaik, kita akan sesuaikan lagi kemudian baru beri pengumuman lebih lanjut," beber Ratu Dewa.

Baca juga : Udara Kalsel Masih Diselimuti Kabut Asap

Menurutnya, kebijakan tersebut bertujuan agar siswa kembali sekolah dengan sehat dan tidak terkena penyakit saluran pernapasan. Apalagi penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) hingga pekan pertama Oktober 2023 sudah menembus 14.000 kasus.

"Demi kebaikan siswa agar tidak terkena penyakit yang tak diinginkan, karena kekhawatiran orang tua selama ini dan usulan banyak pihak juga. Saya imbau jangan karena libur justru anak bermain keluar rumah, bahaya yang didapatkan sama saja kena polusi udara," pungkas Ratu. (Z-3)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat