visitaaponce.com

Kabut Asap Kian Parah, Hari Ini Sekolah di Riau Belajar Daring

Kabut Asap Kian Parah, Hari Ini Sekolah di Riau Belajar Daring
Pemrov Riau menerapkan sekolah daring kepada seluruh sekolah akibat kabut asap.(Antara)

DINAS Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau memutuskan sekolah untuk melakukan belajar daring selama kualitas udara masih dalam level tidak sehat, karena kabut asap. Aturan pembelajaran jarak jauh (PJJ) berdasarkan surat edaran nomor: 420/Disdik/2.0/2023/26550 kepada Kepala SMA/SMK dan SLB Negeri dan Swasta di Provinsi Riau terkait penyesuaian Proses Belajar Mengajar (PBM).

Surat edaran yang ditandatangani Kepala Disdik Riau Kamsol itu menegaskan mulai Senin, 9 Oktober 2023 PBM dilaksanakan secara daring dari rumah, yang sistem pelaksanaannya diatur oleh satuan pendidikan masing-masing.

"Setiap kepala satuan pendidikan memastikan PBM secara daring dapat berjalan dengan baik dan tetap memperhatikan capaian pembelajaran," kata Kamsol, Senin (9/10).

Baca juga: Jokowi Bantah Penanganan Buruk Karhutla

Ia mengimbau siswa-siswi beserta guru dan tenaga kependidikan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat serta selalu memakai masker dalam beraktifitas di luar rumah. "Mengurangi kegiatan atau aktifitas siswa di luar rumah," ujarnya.

Kamsol melanjutkan, sekolah berkoordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah setempat (Wilayah I,II,III, IV) apabila terjadi sesuatu hal di satuan pendidikan yang memerlukan sebuah kebijakan.

Baca juga: Data Satelit Ungkap Kabut Asap Akibat Karhutla belum Masuki Malaysia

Apabila Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) pada masing-masing wilayah Kabupaten/Kota sudah membaik, lanjut Kamsol, Proses Belajar Mengajar akan dilakukan seperti biasa.

"Dengan terbitnya surat edaran ini, maka surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau nomor: 420/Disdik/2/2023/26502 tanggal 5 Oktober 2023 tentang Dampak Asap pada Proses Belajar Mengajar (PBM) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat