visitaaponce.com

TPA Sarimukti Menuju Operasional Penuh

TPA Sarimukti Menuju Operasional Penuh
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat(MI/Depi Gunawan)

PASCAKEBAKARAN di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Sarimukti, di Kabupaten Bandung Barat, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat melakukan beragam upaya pemulihan.

"Kami juga menyiapkan operasional TPA Sarimukti secara penuh setelah kebakaran berhasil dipadamkan," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Prima Mayaningtias, Kamis (28/9).

Sejumlah langkah yang disiapkan itu dimulai dengan memastikan tidak ada lagi api yang muncul lagi di semua zona. Tujuannya agar TPA Sarimukti dapat kembali menampung sampah secara normal.

Baca juga: Pemadaman Kebakaran di TPA Sarimukti sudah Mencapai 90%

Operasi terakhir dilakukan pada Rabu (27/9). Bekerja sama dengan Kodam III/Siliwangi dilakukan pemantauan dan foto udara ke titik api di zona 4.

Langkah lain, tambah Prima, melakukan pemadatan lahan di zona 1, 2 dan 3. Zona 1 disiapkan agar dapat menampung 80 ribu ton sampah terpilah.

Untuk pemadatan zona 1, sekitar 15.510 meter kubik tanah dari Sektor 11 Citarum Harum dipindahkan menggunakan alat berat dari Yonzipur 3/Siliwangi.

Baca juga: 3 Mobil Damkar Rusak Setelah Bolak-Balik Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti

"Kami juga mendorong sumber air yang ada di zona 4 ke titik-titik api menggunakan pompa yang dibuat Zidam III/Siliwangi. Sebagai pendukung, petugas membuat sumur bor baru di TPA," tandasnya.

DLH juga menyiapkan posko dengan pemasangan instalasi listrik dan perlengkapan lainnya. Selain itu juga meminta PLN membuat sambungan listrik baru di TPA.

Status tanggap darurat kebakaran TPA Sarimukti sudah dicabut Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin pada 25 September lalu. Kini, penanganan TPA itu memasuki masa transisi.

Sementara di Bandung raya, pemerintah daerah melakukan perpanjangan darurat sampah hingga 25 Oktober. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat